Jambi (ANTARA Jambi) - Perum Bulog Divisi Regional Jambi menyatakan penyaluran beras untuk masyarakat sejahtera (rastra) di provinsi ini hingga bulan Mei sebanyak 11.025 ton atau sekitar 37,60 persen dari pagu tahun ini.

Kepala Bidang Pelayanan Pubik Bulog Divre Jambi David Susanto, di Jambi, Selasa, mengatakan pagu rastra tahun 2016 sebanyak 29.300 ton dengan jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) sebanyak 162.779 RTS yang tersebar di 11 kabupaten/kota.

"Setiap bulan rastra yang disalurkan sebanyak 2.441 ton, artinya hingga bulan Mei Bulog sudah menyalurkan rastra untuk penerima manfaat sebanyak 11.025 ton," kata David.

David mengatakan setiap RTS itu mendapatkan jatah alokasi sebanyak 15 kilogram per bulan dengan harga Rp1.600 per kilogram.

Pada bulan Mei, kabupaten yang sudah menerima penyaluran 100 persen dari Bulog Jambi yakni Kabupaten Merangin, Batanghari, Muarojambi, Tebo, dan Kota Sungaipenuh.

Berkaitan penambahan kuota rastra untuk Kabupaten Kerinci, mengingat lahan sawah milik petani di kabupaten itu banyak yang terendam banjir, David mengatakan, penyaluran rastra itu tetap berpatokan pada jumlah RTS yang ditetapkan Badan Pusat Statistik.

"Tidak ada penambahan pagu per bulan, jika jumlah RTS bertambah bisa disiasati oleh pemerintah setempat. Mungkin dari 15 kilogram per RTS bisa dikurangi agar warga lainnya bisa menerima rastra tersebut," katanya menjelaskan.

Sedangkan untuk pembelian beras dari petani Jambi, Bulog Jambi kata David lagi, menargetkan pembelian sebanyak 2.000 ton tahun 2016 ini.

"Kami targetkan pembelian setiap kabupaten penghasil beras sekitar 700 ton, seperti di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kerinci, Sarolangun, dan Bangko," ujarnya pula.

Sedangkan terkait persediaan beras menghadapi Ramadan dan lebaran, David mengklaim tidak akan kekurangan. Pasalnya di gudang Bulog sudah tersedia 9.300 ton.

"Kami juga upayakan penambahan 4.000 ton lagi, sehingga dipastikan persediaan beras aman hingga lebaran nanti," katanya pula. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016