Jambi (ANTARA Jambi) - Pihak panitia penyelenggara penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Jambi menyebutkan, proses pendaftaran calon siswa baru tingkat SMP dan SMA/sederajat di kota itu akan dimulai pada 23-30 Juni 2016.

"Kami sudah menyusun jadwal pendaftaran hingga pengumuman penerimaan siswa baru SMP dan SMA tahun ajaran 2016-2017 itu pada akhir Juni," kata Ketua Panitia PPDB pada Dinas Pendidikan Kota Jambi Mulyadi di Jambi, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam proses pendaftaran calon siswa tidak lagi harus mendatangi sekolah ataupun kantor Dinas Pendidikan, melainkan ke sekolah terdekat yang sudah ada operatornya.

"Nanti setiap sekolah ada operatornya yang akan langsung memasukan data peserta dalam proses registrasi pendaftaran ke sistem aplikasi yang sudah kita buat," katanya.

Setelah masa pendaftaran selesai, kata Mulyadi akan dilanjutkan dengan proses verifikasi data yang akan dimasukkan oleh pihak sekolah. Verifikasi akan dilaksanakan oleh panitia selama dua hari yakni 1-2 Juli 2016.

"Setelah habis masa verifikasi tinggal menunggu pengumumannya  yakni 13 Juli," katanya.

Pada proses pendaftaran peserta didik baru tersebut kata Mulyadi 70 persen akan diterima melalui jalur online, sementara untuk sistem ofline kuotanya 30 persen.

Ia mengatakan, untuk jalur online setiap calon siswa yang mendaftar akan diseleksi berdasarkan peringkat nilai akhir, yaitu gabungan 40 persen nilai sekolah dan 60 persen nilai UN. Sedangkan jalur 'ofline' akan dikhususkan untuk siswa berprestasi, siswa miskin dan calon siswa di lingkungan terdekat sekolah.

Selain itu, bagi pendaftar yang berasal dari luar daerah bisa mendaftar melalui operator yang telah tersedia di Kantor Dinas Pendidikan Kota Jambi.

"Bagi peserta yang berasal dari luar daerah harus memenuhi beberapa persyaratan lain. Seperti harus ada surat pindah rayon, pas photo serta mengisi formulir nilai," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016