Muarasabak (ANTARA Jambi) - Konsultan dari  Kementerian Perhubungan RI   mengevaluasi kelayakan  kapal KMP Rang Kayo Hitam  di pelabuhan Kelurahan Rantau Indah, Kecamatan Dendang, Tanjung Jabung Timur.

"Kemarin itu evaluasi tug boat tentang perbaikan dan kelayakan kapal. Karena memang status kapal itu sendiri baru serah terima penggunaan, sementara mengenai aset itu tetap masih tanggung jawab dari Pemerintah Pusat,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Tanjabtim, Hadi Firdaus di Muarasabak, Selasa.

Dikatakanya, selain terkait dengan  perbaikan , konsultan juga mengevaluasi  kelayakan pemanfaatan kapal untuk di perairan Kabupaten Tanjabtim. 

"Nanti keputusannya  setelah hasil evaluasi dari konsultan itu, apakah pemanfaatannya tetap disini atau diopor ke  daerah lain dengan menukar yang lebih sesuai dengan geografis wilayah kita," katanya.

 Sebenarnya kalau memungkinkan yang sangat dibutuhkan itu speed boat untuk patroli, kata Kadishub Tanjabtim.

Hadi Firdaus menjelaskan, kapal tersebut  rencananya  digunakan untuk  penyeberangan yang dapat mengangkut kendaraan roda dua dan empat.

"Dulu itu tujuanya untuk penyeberangan, tapi setelah kita evaluasi, orang malah banyak lewat darat, karena jembatan sudah banyak yang dibangun," katanya menjelaskan.


Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016