Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kota Jambi membagikan sebanyak 71 nampan bubur berwarna merah putih kepada para veteran dan undangan upacara pengibaran duplikat bendera merah putih, dalam memperingati HUT ke-71 RI di lapangan Balaikota Jambi, Rabu.

Bubur merah putih tersebut sengaja dibuat oleh anggota PKK Kota Jambi yang kemudian dibagikan usai upacara detik-detik Proklamasi. Itu merupakan wujud perhatian lain yang diberikan oleh pemerintah.

"Bubur ini sengaja kami buat dan untuk menghargai perjuangannya terdahulu dan juga sebagai bentuk rasa syukur dan doa agar perjuangan veteran mendapat hidayah dari Allah SWT," kata Wali Kota Jambi, Sy Fasha.

Sebanyak 71 nampan berisi bubur bewarna merah putih tersebut memiliki rasa khas yakni asin dan manis. Selain diberikan kepada veteran juga diberikan kepada anggota Paskibraka.       

"Dahulu pemimpin kita berjuang mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia, hadiah ini kita harapkan dapat membangkitkan nasionalisme kebangsaan," katanya.

Bubur yang memiliki rasa asin dan manis itu menurut Fasha mempunya makna. Rasa asin itu karena saat para pejuang melawan penjajah bercucuran keringat dan darah.

"Untuk rasa manis itu adalah masa sekarang di mana perjuangan mereka telah membuahkan kemerdekaan. Itulah maknanya, kenapa tidak kami buat pahit dan manis. Sambil makan bubur, mungkin juga bisa mengingatkan nostalgia zaman dulu," katanya.

Di hari kemerdekaan Indonesia yang saat ini sudah memasuki usia 71 tahun itu, Fasha berharap masyarakat di daerahnya bisa lebih dewasa lagi dalam memaknai kemerdekaan dan turut serta membantu program-program pemerintah.

"Kami pemerintah berupaya mengisi kemerdekaan ini dengan terus melakukan pembangunan-pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016