Jambi, 5/9 (Antara)- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam peningkatan sektor pertanian di daerah itu.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Gubernur Jambi Zumi Zola dan Rektor IPB Herry Suhardiyanto, di kediaman rumah dinas gubernur, Senin malam.

Dalam penandatanganan kesepakatan itu juga turut disaksikan oleh Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman.

Kerjasama yang ditanda tangani tersebut diantaranya kerjasama pada bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan sumber daya alam pertanian di Provinsi Jambi.

"Melalui kerjasama ini potensi dibidang pertanian dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi," kata Rektor IPB Herry Suhardiyanto.

Menurut rektor, sumber daya lahan pertanian yang beragam salah satunya di Provinsi Jambi, sehingga dalam pengembangannya dituntut pada sesuatu teknologi gagasan dan ide baru.

"Dengan kapasitas peningkatakan SDM dalam meningkatkan teknologi pengelolaan sumber daya potensi pertanian ini perlu dikembangkan untuk menjadikan tumpuan produksi pertanian daerah," katanya.

Pertanian kata Rektor IPB menjadi instrumen yang efektif untuk memajukan daerah dan juga dalam memeratakan pembangunan perekonomian masyarakat.

"Setiap pertumbuhan dan gejolak ekonomi pasti mengakibatkan kesejangan, dan untuk mengimbangi kesejangan itu semua ada pada sektor pertanian masyarakat yang harus ditingkatkan untuk kesjehateraan," katanya menjelaskan.

Sementara itu Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, melalui kesepakatan kerjasama ini diharapakn IPB mampu memberikan yang terbaik dalam pengembangan penelitian di daerahnya.

"Kesepahaman ini menjadi payung bagi pemerintah untuk menindaklanjuti, terutama kapasitas terhadap tenaga penelitian dalam inovasi pertanian," kata Zola yang juga sebagai alumni IPB itu.

Melalui kerjasama ini, IPB kata Zola mampu memberikan inovasi-inovasi pertanian dengan kajian-kajian yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan daerah termasuk Jambi.

"Potensi pertanian di Jambi begitu besar, namun dari potensi itu sebagian besar sawah di jambi sistemnya tadah hujan, sehingga untuk pengembangannya itu dibutuhkan suatu teknologi," katanya.

"Dan dalam membutuhkan teknologi itu melalui kerjasama ini kita berharap IPB bisa mengembangkan kajian teknologi sesuai yang dibutuhkan oleh Jambi, " kata Zola menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016