Jambi (ANTARA Jambi) - Objek wisata alam Danau Kaco di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi,  akan ditutup sementara bagi para pengunjung guna pemulihan ekosistem alam di kawasan itu.

Penutupan sementara kawasan objek wisata alam Danau Kaco itu akan dilakukan selama satu bulan ke depan terhitung dari 1 Oktober hingga 30 November 2016, kata Ketua Pengurus Lembaga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur, Daswarsya yang dihubungi dari Jambi, Senin.

Hasil kesepakatan itu berdasarkan dari musyawarah antara lembaga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur dengan Lembaga Adat 50 Tumbi Lempur, lurah dan kepala desa se-Lempur.

"Pihak lembaga sepakat akan melakukan pemulihan ekosistem, reboisasi dan sebagai upaya sekaligus penyesuaian peraturan pengunjung supaya ekosistem alam di kawasan itu berkelanjutan," katanya.

Danau Kaco yang terletak di Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, itu masuk dalam kawasan yang dilindungi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), sehingga harus dibarengi pemulihan ekosistem secara berkelanjutan.

Sementara bagi yang melanggar peraturan itu, pihaknya akan mengenakan sanksi sesuai dengan aturan yang telah disepakati sebelumnya.

Namun demikian, kata dia, para wisatawan yang datang ke Desa Lempur yang memiliki lima danau itu tetap bisa menikmati objek wisata lainnya.

"Wisatawan masih bisa mengunjungi objek wisata empat danau lainnya, seperti  Danau Lingkat, Danau Kecik, Danau Duo dan Danau Nyalo yang juga terdapat di kawasan Desa Wisata Lempur," katanya.

Desa Wisata Lempur yang mempunyai potensi objek wisata alam dan lima danau itu telah diresmikan pada 20 Agustus 2016.

Selain lima danau, di kawasan Desa wisata Lempur itu terdapat berbagai potensi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, di antaranya wisata agro, wisata edukasi, wisata alam dan wisata budaya.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Guntur mengatakan, desa wisata Lempur tersebut mempunyai keunikan tersendiri.

Desa Lempur itu kearifan budaya lokalnya masih terjaga, masyarakatnya adalah melayu potro atau melayu tua yang masih mepertahankan budaya lokal dan juga ramah dalam melayani tamu, kata Guntur.

Di desa wisata Lempur tersebut kata Guntur ditawarkan paket wisata "tour ecotourism" untuk ekspedisi lima danau dengan konsep ekowisata.



Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016