Kualatungkal (ANTARA Jambi) - Pemkab Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menggelar festival Habsyi berhadrah dan Harah tradisi dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun baru Islam, 1438 Hijriah.

Festival yang merupakan agenda tahunan ini dilaksanakan di gedung eks Serbaguna Kualatungkal pada Selasa (27/9) malam pukul 20.00 Wib, dan dibuka staf ahli ekbang HM  Said, SE.

Bupati Tanjabbar Safrial dalam sambutan tertulis yang dibacakan staf ahli ekbang HM Said, mengharapkan melalui festival ini  dapat mendorong dan memotivasi masyarakat meningkatkan nilai-nilai keislaman baik yang sifatnya langsung berhubungan dengan Allah, SWT maupun  sesama manusia.

Kepada peserta lomba, bupati mengatakan tampilkanlah kemampuan secara maksimal agar berhasil secara optimal. Selamat bertanding kepada seluruh peserta semoga melalui festival ini kita semua dapat lebih menghayati intisari dalam menambut tahun baru Islam 1438 Hijriah.

Sementara itu, Ketua panitia  Juhardin mengatakan tujuan acara ini adalah untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai agamis yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai pondasi jalinan ukhuwah islamiyah.

"Selain itu juga kegiatan ini  sebagai sarana untuk melestarikan habsyi berhadrah dan hadrah tradisi yang dilakukan secara turun temurun serta kebiasaan masyarakat  khususnya  Tanjab Barat," katanya menjelaskan.

Peserta festival ini antara lain dari remaja masjid, pesantren, madrasah, sekolah, organisasi dan sanggar se-Kabupaten Tanjug Jabung Barat dengan jumlahnya sebanyak 45 grup.
 

Pewarta: Kenneta

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016