Jambi (ANTARA Jambi) - Potensi lima danau di kawasan Lempur, menjadi ikon tersendiri dalam menarik kunjungan wisatawan untuk mengunjungi Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Guntur Meydan di Jambi, Rabu, mengatakan di kawasan desa wisata tersebut terdapat lima danau sekaligus yang mempunyai karakter unik.

"Paket wisata ekspedisi lima danau di Desa Wisata Lempur saat ini menjadi favorit bagi kalangan wisatawan mancanegara," katanya.

Ke-lima danau di kawasan Desa Wisata Lempur itu yakni Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecik dan Dano Kaco. Setiap danau mempunyai karakter warna air dan jenis habibat ikan yang berbeda-beda.

Selain itu kelima danau tersebut adalah 80 persennya masuk dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan hutan adat yang meraih penghargaan lingkungan hidup Kaltaparu 2015.

Potensi dan objek wisata di Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur tersebut teletak di kaki Gunung Betuah, menjadi core atraktif (pemikat) bagi wisatawan mancanegara yang umumnya menyukai perjalanan petualangan atau adventure.

"Kunjungan ke Desa Wisata Lempur tumbuh terus setiap minggu, bahkan yang wisatawan yang datang rombongan, karena pengelola wisata disana juga sudah ada yang menawarkan paket wisata (tour ecotourism) untuk ekspedisi lima danau dengan konsep ekowisata," katanya menjelaskan.

Selain ekpedisi lima danau, para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Lempur, juga akan disuguhkan kekayaan alam dan keanekaragaman budaya yang masih dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat.

Guntur menjelaskan kawasan Desa Wisata Lempur yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Sungai Penuh, dikelilingi oleh bukit-bukit dan pegunungan yang jarang ditemui di desa wisata lainnya.

"Masyarakat di sana juga sudah menyediakan `home stay`, selain itu pengelolanya juga kita berikan pemberdayaan bagaimana menerima tamu dengan ramah, sehingga wisatawan bisa menginap dan mendapat kesan yang baik," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016