Jambi, Antarajambi.com - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi menyatakan daerah itu memiliki 57 lokasi potensi wisata yang tersebar di 10 kecamatan.

"Dari 57 itu terdapat berbagai macam jenis wisata, diantaranya wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata minat khusus, ekowisata, wisata kesehatan jasmani, wisata agro dan wisata rohani," kata Kepala Disbudparpora kabupaten setempat Saipullah di Sarolangun, Minggu.

Dijelaskannya, wisata alam mendominasi yaitu sebanyak 34 lokasi, berikutnya wisata budaya sebanyak 12 lokasi, ekowisata tiga, minat khusus dua, wisata agro dua, rohani dua, kesehatan jasmani satu dan wisata buatan satu lokasi.

"Untuk wisata alam itu paling banyak terdapat di Kecamatan Limun dan Batangasai. Antara lain ada Goa Calow Petak Bukit Bulan dan Arum Jeram Batangasai, namun hampir seluruh kecamatan memilikinya," katanya menjelaskan.

Dikatakan Saipullah, dengan memiliki kekayaan akan lokasi potensi wisata sebanyak itu, saat ini pihak pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun terus berupaya meningkatkan infrastruktur menuju lokasi wisata tersebut.

Namun menurutnya, yang masih menjadi salah satu kendala saat ini adalah promosi, terlebih lagi rata-rata lokasi wisata itu banyak terdapat di daerah yang memiliki akses medan kategori sulit dan jauh dari ibukota kabupaten.

Selain peningkatan infrastruktur, pihaknya juga memiliki skala prioritas setiap tahunnya terhadap setiap lokasi potensi wisata itu, terutama lokasi yang banyak menarik minat kunjungan wisatawan.

"Tahun ini kita mendapat kucuran anggaran untuk peningkatan infrastruktur menuju lokasi Goa Calow Petak Bukit Bulan senilai Rp1,3 Miliar, mudah-mudahan berjalan lancar," katanya.

Dalam upaya promosi pihaknya juga berharap peran semua pihak yang ada di daerah itu, baik dimulai dari desa hingga ke kabupaten.

"Semua kita harapkan bisa berperan mulai dari kepala desa dan camat, agar kemudian daerah kita semakin dikenal dibidang pariwisata," kata Saipullah.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017