Jambi, Antarajambi.com - Bupati Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, Al Haris menghimbau masyarakat daerahnya yang terkena banjir untuk mewaspadai berbagai jenis acaman penyakit menular pasca terjadinya banjir.

"Bencana banjir sangat berpotensi menyebarkan penyakit menular Water-borne disease (penyakit yang terbawa air, red) seperti, Diare, demam tipus, kolera, disentri, hepatitis A dan leptospirosis," kata Bupati di Merangin, Selasa

Ia mengtakan Banjir selain menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan, juga seringkali memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan masyarakat. Biasanya berbagai menyakit tanpa diduga akan mewabah.

Selain itu lanjut bupati, juga perlu diwaspadai penyakit demam berdarah yang ditularkan melalui nyamuk. Masyarakat juga diminta manggunakan air bersih, karena faktor utama mewabahnya penyakit itu diantaranya, kontaminasi fasilitas air minum.

Ia menjelaskan, wabah penyakit dapat diminimalkan dengan menggunakan air bersih sebagai prioritas. Tak heran bila setiap pasca banjir, bupati melalui PDAM Tirta Merangin memasok air bersih ke sejumlah desa yang kebanjiran.

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017