Jambi, Antarajambi.com - Populasi ikan semah yang dibudidayakan Pemerintah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi melalui Dinas Perikanan dan Peternakan setempat lewat program lubuk larangan terancam aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang marak didaerah itu.

"Ikan Semah adalah ikan termahal dan favorit serta kelas satu di sarolangun. Hanya saja saat ini terancam oleh aktivitas PETI, hal ini tentu sangat mengganggu habitat ikan semah. Padahal kita termasuk daerah yang tinggi populasinya," Kata Asnawi, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun di Sarolangun.

Ia mengatakan, terlebih lagi program lubuk larangan tersebut banyak terdapat didaerah hulu sungai yang juga menjadi wilayah yang paling banyak didapati aktifitas PETI berada.

"Terlebih lagi Ikan Semah ada dilubuk larangan didaerah hulu sungai. Diantaranya hulu sungai batang limun, Sungai Batang Asai, serta di Kecamatan Bathin VIII desa tanjung gagak dan batu penyabung. Intinya daerah hulu sungai yang aliran sungainya deras Dan yang masih alami yang harusnya tidak terkontaminasi oleh PETI," katanya.

Sehubungan dengan hal tersebut, kedepan ia sangat berharap agar aktifitas PETI tidak ada lagi karena bahan-bahan kimia yang digunakan dalam PETI itu menurutnya sangat merusak perkembang biakkan ikan semah, salah satunya kandungan mercury.

"Tentu kedepan kita sangat berharap PETI ini semakin hari semakin berkurang, karena hal itu tentu sangat mengganggu apa yang menjadi rencana program kita terhadap pembudidayaan ikan semah," kata Asnawi.

Sementara itu terkait adanya bencana banjir saat ini, ia mengatakan belum ada laporan dan temuan pihaknya atas kerugian terhadap program pembudidayaan ikan kolam dan juga kehilangan hewan ternak.

"Sejauh ini tidak ada laporan kerugian dari lapangan atas musibah banjir, dan kita sudah cek kelapangan. 135 unit kolam berbagai jenis ikan masih dalam titik aman yang Tersebar dalam 10 kecamatan yang ada serta Ternak juga belum ada laporan hilang akibat banjir hanya saja ada ayam Tapi tidak seberapa," katanya menambahkan.


Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017