Kualatungkal, Antarajambi.com – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 98 resmi di buka Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial MS bersama Kodim 0419 Tanjab di Kelurahan Tungkal V Kecamatan Seberang Kota Kabupaten setempat sebagai salah satu sasaran Program TMMD ke 98, Rabu (5/4).

Bupati mengatakan program TMMD ke 98 Kodim 0419/Tanjab yang dilaksanakan saat ini merupakan tahapan proses pelaksanaan kemitraaan daerah antara Pemerintah Kabupaten Tanjabbar bersama Kodim 0419 Tanjab.

Tujuan utama dengan adanya program ini yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tarutama masyarakat terpencil melalui pembangunan yang bersifat fisik, maupun non fisik serta  memantapkan kemanunggalan TNI Bersama masyarakat.

“Berkaca pada program TMMD sebelumnya sudah membantu membuka jalan dari Roro ke Sialang sepanjang 13 kilometer, dan sekarang akan dibuka lagi sepanjang 12  kilometer dan lebar 10 meter yakni di Desa tungkal 4 Desa, Kuala Baru  dan Desa Muara seberang,”  ujar Bupati Safrial.

Dijelaskab Bupati, Kecamatan Seberang Kota dengan aksebilitas yang masih relatif rendah, sehingga pergerakan dalam perekonomian dan sosial masih membutuhkan peningkatan infrastruktur yang memadai, diharapkan TMMD mampu meningkatkan aksebilitas  antar wilayah yang ada di Kecamatan Seberang Kota.

“Harapan kita, kalau akses jalan darat sudah lancar maka aliran orang dan barang semakin meningkat dan desa yang ada di Seberang Kota ini tidak terisolir lagi,” harap Bupati.

Selain itu, dengan adanya TMMD pertumbuhan ekonomi di Seberang Kota juga semakin meningkat, karena yang selama ini akses alat angkut produk perkebunan sangat sulit.

“Jika akses sudah bagus, cost produksi dapat ditekan dan harga jual meningkat, serta dengan begitu konsumen juga mendapat harga yang lebih murah,” jelasnya.

Sementara itu Danrem 042 Gapu Kolonel Inf Refrizal berharap dengan TMMD terciptanya suatu kemanunggalan antara TNI dan masyarakat yang artinya menunjukan besarnaya partisipasi, peran serta dan kesadaran masyarakat untuk merubah situasi dan kondisi menuju yang lebih baik.

“Selain kegiatan fisik, kita juga ada kegiatan non fisik seperti penyuluhan narkoba, dan kesehatan. Dan ini tentu sudah direncanakan dan persiapan oleh tim,” ungkap Danrem.

Untuk itu, Danrem mengingatkan kepada tim penyuluh harus siap dengan konsep sesuai apa yang diberikan kepada masyarakat.

“Ada sekita 150 personil TNI untuk di tiga desa ini, untuk itu Dansatgas harus mengukur semua kegiatan yang dilaksanakan, sehingga program yang kita kerjakan bisa mencapai target yang kita inginkan,” tandasnya.

Terpisah, Dandim 0419 Tanjab Letkol Arh hary Sassono Utomo selaku Dansatgas TMMD Kabupaten Tanjabbar menuturkan bahwa sepanjang 11.850 Meter dengan lebar 10 Meter jalan baru akan dibuka melalui TMMD ke 98 tahun 2017 khususnya di Kecamatan Seberang Kota Tanjab Barat yang akan dilaksanakan selama 30 hari, dari tanggal 5 April s/d 4 Mei 2017.
​​


Turut Hadir pada Acara pembukaan program TMMD ini, Danrem 042 Gapu Kolonel Inf. Refrizal, Dandim 0419 Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH, Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, Forkopimda, Kepala SKPD dan Camat, Ketua TP-PKK Tanjab Barat Ny. Cici Halimah, SE serta ikut dimeriahkan beberapa organisasi pendukung dan ratusan masyarkat setempat. Acara juga dimeriahkan adannya undian kupon dengan berbagai dorprize menarik dari kodim 0419/Tanjab.

Pewarta: Kenneta

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017