Jambi, Antarajambi.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mencatat 31.099 siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tingkat SMA 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Harianto di Jambi, Senin, mengatakan siswa/i SMA/MA yang mengikuti UNBK sebanyak 16.382 orang dan UNKP sebanyak 14.717 orang.

"Untuk UN SMA/MA yang menggunakan server sebanyak 281 server, sementara untuk UNKP soal cadangan dipersiapkan satu dus dengan ini 25 bundel soal, yang dipegang oleh panitia daerah," kata Agus.

Agus mengatakan soal UNKP sudah didistribusikan serentak dengan soal SMK minggu lalu, agar pihak sekolah cepat mendatanya.

Ia mengatakan persiapan pelaksanaan UN kali ini telah dipersiapkan secara matang. Selain berdasarkan evaluasi dari pelaksanaan UN SMK beberapa waktu lalu, persiapan lainya juga telah dilakukan.

Menurutnya, dalam UN kali ini siswa tidak akan dirugikan, baik UNBK maupun UNKP. Untuk UNKP nantinya akan diperiksa oleh tim dari provinsi, sementara jawaban UNBK akan secara langsung masuk ke server.

Selain itu apabila ada hal teknis seperti pemadaman listrik maka server akan segera menyimpan jawaban siswa yang telah terisi.

"Kita juga sudah mengirimkan surat ke PLN dengan tembusan Gubernur Jambi, agar PLN tidak memadamkan listrik ketika ujian tengah berlangsung," katanya menambahkan.

Sementara itu, untuk memastikan tidak ada pemadam listrik saat UNBK berlangsung, Gubernur Jambi Zumi Zola di hari pertama UNBK SMA memantau langsung pelaksanaan ujian tersebut.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017