Jambi, Antarajambi.com- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jambi menetapkan status siaga satu dengan menyiagakan 500 personelnya untuk mengamankan aksi peringatan Hari Buruh Internasional 2017 (May Day), Senin.

"Kita menyiagakan 500 personel di Kota Jambi untuk mengamankan peringatan hari buruh tahun ini yang digelar pada beberapa lokasi di kota," kata Kapolresta Jambi, Kombes Pol Bernard Sibarani melalui Kabag Ops, Kompol Gadug Kurniawan.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada beberapa laporan kegiatan aksi massa saat peringatan hari buruh di Kota Jambi dan salah satunya kegiatan yang digelar oleh Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Diprediksi ribuan massa buruh dari berbagai perusahaan di Provinsi Jambi itu telah menggelar senam massal di depan Kantor Gubernur Jambi sejak pagi hingga siang dan kita polisi sudah `standby` di sana untuk pengamanannya.

Titik kegiatan lainnya terkait peringatan hari buruh di Kota Jambi juga berlangsung di kawasan GOR Kotabaru dan disana ada kegiatan berupa bazar dan stand pameran dan juga ada aksi orasi dari buruh ke depan Mapolda Jambi.

Dari beberbagai lokasi itu, ada ribuan massa dan mereka akan menyampaikan aspirasi mereka di depan Mapolda.

Gadug pastikan tidak ada titik kemacetan yang signifikan terkait hari buruh ini namun, pihaknya tetap akan siaga dalam pengamanan aksi dan lalu lintas dan kepada masyarakat sekitar diimbau untuk tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Untuk para buruh yang menggelar kegiatannya juga untuk tetap tertib agar berjalan lancar," kata Gadug.

Berikut ini aksi kegiatan dari para buruh yang ada di Kota Jambi yakni Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) pimpinan Sahal Simanjuntak akan melaksanankan orasi di Polda Jambi dengan jumlah massa sekitar 600 orang dan mereka akan diterima oleh pihak kepolisian dan Pemprov Jambi.

Sebelum melaksanakan aksinya mereka akan berkumpul di Sekretariat SBSI Jambi di kawasan Broni dimana elemen buruh terdiri dari buruh PT RKK ( Ricky Kurniawan Kerta Persada ) jumlah massa sekitar 20 orang, PT BBIP (Bukit Baling Indah Permai) dengan jumlah massa sekitar 50 orang, PT PSUT (Putra Sumber Utama Timber) jumlah massa 300 orang.

Massa dari SBSI Kota Jambi akan dipimpin oleh Donner Gultom, jumlah massa sekitr 130 orang, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) pimpinan Roida Pane akan melaksanakan kegiatan `May Day` dengan mengadakan acara senam kesegaran jasmani dan pesta rakyat di halaman Kantor Gubernur Jambi degan jumlah peserta sekitar 2.000 orang dan tidak ada orasi.

Para buruh yang hadir itu terdiri dari perusahaan di Kota Jambi ada PT Hoktong, PT Jambi Waras, PT Angkasa, PT Batanghari Tembesi sedangkan buruh dari Kabupaten Muarajambi ada dari beberapa perusahaan perkebunan di Muarojambi dan dari Tanjung Jabung Barat ada buruh dari PT LPPI , PT WKS, PT Makin Group, PT Tri Mitra Lestari dan PT RAAL.

Kemudian lagi untuk kegiatan KSPSI pimpinan Alamsyah akan mengadakan kegiatan sosialisasi di Perum Bulog Jambi dengan tema "Pengadaan bahan pangan bagi pekerja, sosialisasi manfaat tambahan bagi peserta BPJS ketenagakerjaan untuk mendapat rumah bersubsidi".

Rencana kegiatan itu akan dihadiri Sekjen DPP KSPSI H Rudi Prayetno, Hamdan Zulfa (mantan hakim MK), Gubernur Jambi, Pekerja PT Indofood, PT Budi Nabati Perkasa, PT Budi Sari Bumi, PT Kharisma, PT BAF, APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia) peserta yang akan hadir sekitar 70 orang.

Sedangkan aksi SBSI Kota Jambi pimpinan Donner Gultom akan merayakan hari buruh dengan membuka bazar dan hiburan organ tunggal selama dua hari mulai 30 April sampai dengan 1 Mei 2017 di Parkiran GOR Kotabaru dan jumlah gerai pameran yang disiapkan sekitar 40 gerai.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017