Jambi, Antarajambi.com - Perpustakaan Nasional menyatakan telah menyediakan koleksi buku digital yang bisa diakses melalui jaringan teknologi internet untuk meningkatkan minat baca bagi generasi milenium saat ini.

"Saat ini selain perpustakaan keliling, kami juga menyediakan koleksi buku digital yang bisa diakses secara gratis pada aplikasi Playstore," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Woro Titi Hariyani di Jambi, Jumat.

Saat membuka Talk Show dan Dialog "Semangat literasi di tengah arus kekinian" yang diselenggarakan di Kampus Universitas Jambi itu, ia mengatakan saat ini indeks literasi atau kebiasaan membaca belum menjadi budaya kepada masyarakat.

"Ketersediaan buku masih jauh dari jangkauan masyarakat dan juga akses informasi masih jauh dari yang diharapkan," kata Woro.

Selain itu pihak Perpusnas juga telah menyediakan e-jurnal ilmiah sebanyak 750 ribu eksemplar yang sudah terakreditasi. Untuk dapat mengakses e-jurnal itu dapat mengakses Perpusnas.go.id.

"Dapat ditemukan jurnal-jurnal ilmiah yang sudah terakreditasi. Jadi bisa silakan dilakukan secara online dan anda bisa berselancar mengakses," katanya.

Pada Talk Show yang juga menghadirkan Najwa Sihab sebagai Duta Baca Indonesia dan Gubernur Jambi Zumi Zola itu diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan termasuk masyarakat umum.

"Jika minat baca tinggi akan menjadi teladan dan membentuk karakter anak-anak untuk generasi yang bisa melawan hoax yang memang saat ini sedang mewabah di berbagai kalangan," katanya menjelaskan.

Sementara itu Duta Baca Indonesia Najwa Sihab dalam Talk Show itu mengajak generasi muda untuk gemar membaca sebagai investasi ilmu pengetahuan untuk bekal di kehidupan mendatang.

"Investasi yang paling baik itu investasi ilmu, dan dengan membaca kita pengetahuan kita menjadi lebih luas, jadi dengan membaca itu tidak ada ruginya" kata Najwa yang juga presenter kawakan itu.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017