Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola meminta kepala sekolah di daerah itu berkomitmen meningkatkan kualitas sekolah untuk mendukung misi pembangunan Jambi dalam bidang pendidikan.

"Kepala sekolah mempunyai fungsi yang sangat strategis, berperan penting untuk meningkatkan kualitas sekolah," katanya usia pengukuhan Kepala Sekolah SMA, SMK, SLB dan Pengawas Sekolah se-Provinsi Jambi di Jambi, Jumat.

Selain kepala sekolah harapan untuk meningkatkan kualitas sekolah seperti belajar mengajar, juga ditujukan kepada para pengawas sekolah di provinsi itu.

Zola menjelaskan, fungsi kepala sekolah sangat penting untuk mewujudkan misi pembangunan Provinsi Jambi di bidang pendidikan.

Sebab itu kepala sekolah dan pengawas sekolah harus punya komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi para kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah kian lama kian berat karena tuntutan terus meningkat. Selain itu karena adanya perubahan regulasi.

Seperti perubahan regulasi yang mengakibatkan peralihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK, dari pemerintah kabupaten/kota ke provinsi yang kemudian menimbulkan tantangan besar karena kewenangan pemerintah provinsi ditambah, tetapi dananya tidak ditambah.

Padahal, katanya lagi, untuk gaji guru honorer non PNS yang berjumlah sekitar 5.000 orang saja, Pemprov Jambi telah menganggarkan sebesar Rp48 miliar namun masih kurang karena dibutuhkan Rp62 miliar lebih sampai Desember 2017.

"Sisanya akan dianggaran di APBD perubahan 2017. Saya juga akan memperjuangkan ke DPR, sebab ini sangat penting," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017