Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, pihaknya akan mengubah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di belakang perkantoran gubernur menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) karena selama ini masyarakat terganggu aroma tak sedap.

"Tempat itu nantinya kita jadikan sebagai RTH, setelah pembersihan sampah dan pembangunan bronjong selesai dikerjakan," katanya saat meninjau TPS itu, Minggu.

Dalam peninjauan itu dia minta agar Dinas PUPR setempat untuk segera membersihkan agar tampak rapi dan bersih karena sudah terlalu banyak sampah yang menumpuk.

"Saya harap pembersihan TPS di belakang kantor gubernur dan di Jalan TP Sriwijaya Bagan Pete itu bisa selesai hari ini, karena sampah yang ada sekarang sudah sangat menumpuk sekali dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga sudah sangat mengganggu masyarakat yang melalui jalan ini," kata Zola.

Dikawasan TPS di belakang kantor gubernur Jambi segera dibangun bronjong atau gabions karena kawasannya bertebing dan dibawahnya ada Danau Sipin, salah satu ikon Kota Jambi.

"Kita sudah mengajukan kepada Bapak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan bronjong daerah ini. Pembangunannya langsung dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI sepanjang tiga kilometer," katanya menjelaskan.

Zola berharap setelah dilakukan pembersihan dan dibangun bronjong, masyarakat diimbau untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Nantinya disediakan beberapa kotak sampah untuk menampung sampah ditempat itu.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Jambi untuk menyediakan beberapa tempat sampah agar masyarakat bisa membuang sampah di tempat yang telah disediakan," kata Zola.


***4***
(T.KR-DDS/B

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017