Jambi, Antarajambi.com - Kantor Bahasa Provinsi Jambi menggelar uji kemahiran berbahasa Indonesia para pendidik di daerah itu untuk meningkatkan optimalisasi penerapan dan penggunaan bahasa nasional itu para guru bagi para siswa.

"Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia  merupakan tes kemahiran berbahasa yang mirip dengan TOEFL dalam bahasa Inggris. UKBI merupakan salah satu produk unggulan dari Badan Bahasa," kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Saiful Bahri Lubis didampingi Ketua Panitia UKBI Jambi Elva Yusanti di Jambi, Rabu.

Pelaksanaan uji kemahiran berbahasa bagi pendidik di kota itu digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Jambi dan Laboratorium Bahasa SMKN 2 Kota Jambi dengan peserta sekitar 70 orang guru dari berbagai sekolah.

Hari pertama digelar di MAN Model Jambi dengan peserta dari guru MI, MTs dan MA di kota itu. Kemudian pada hari kedua digelar  di Laboratorium Bahasa SMKN2 Kota Jambi dengan para peserta para guru SMK.

Kegiatan itu dimotori Kantor Bahasa Jambi melalui UPT Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan UKBI itu, terdiri dari beberapa sesi, antara lain sesi pertama mendengarkan, sesi kedua merespon kaidah, sesi ketiga membaca, sesi empat menulis serta sesi lima berbicara. 

"Namun tes yang dilakukan kali ini hanya sampai pada sesi tiga," kata Saiful

Para peserta terlihat antusia mengikuti kegiatan ini, sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

Kantor Bahasa Provinsi Jambi menggelar berbagai kegiatan kebahasaan baik melalui penataran, pelatihan, lomba, hingga uji kemahiran bahasa yang digelat sejak awal tahun.       

Saat ini Provinsi Jambi juga tengah mengikuti penilaian untuk penghargaan Adi Bahasa 2018 yang mana penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berbagai sektor baik itu di lingkungan instansi pemerintah, swasta maupun lembaga pendidikan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017