Jambi, Antarajambi.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi menyebutkan, tujuan ekspor sejumlah komoditas unggulan daerah itu masih didominasi ke Singapura dengan nilai perdagangannya mencapai 176,9 juta dolar AS.

"Yang paling banyak tujuan Singapura karena secara kondisi geografis Provinsi Jambi memang berdekatan dengan Singapura," kata Kepala Seksi Perdagangan Luar Negeri pada Disperindag Provinsi Jambi, Fatimah di Jambi, Jumat.

Pihaknya mengatakan nilai perdagangan ke negara tujuan ekspor tersebut pada periode Januari sebesar 91,1 juta Dolar AS dan Februari sebesar 85,7 juta dolar AS.

"Ekspor ke negara tujuan tersebut melalui pelabuhan Jambi dan kita hanya mencatat untuk nilainya saja, sementara untuk nilai sejak tahun 2014 kami tidak melakukan pencacatan untuk volumenya," katanya.

Sejumlah komidits unggulan Jambi yang di ekspor itu diantaranya seperti dari sektor pertanian, industri perkebunan dan sektor pertambangan.

Setelah Singapura, kata dia, Amerika Serikat menjadi kedua dengan tujuan utama ekspor komiditas unggulan Jambi yang nilainya mencapai 47,8 juta dolar AS.

Kemudian disusul oleh Tiongkok dengan nilai ekspor tercatat sebesar 39,6 juta dolar As.

Sementara itu, berdasarkan data Disperindag Provinsi Jambi itu terdapat 14 negara tujuan utama tujuan ekspor yang selama periode Januari-Februari 2017 total nilai ekspornya mencapai 364,6 juta dolar AS.

Sedangkan total ekspor yang melalui pelabuhan Jambi pada awal tahun 2017 tercatat mencapai 2,0 juta dolar AS.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017