Jambi, Antarajambi.com - KONI Provinsi Jambi mencairkan dana sebesar Rp5 miliar untuk pembayaran uang bonus atlet, pelatih dan asisten pelatih peraih medali pada PON XIX/2016 di Jawa Barat.

"Setelah diserahkan secara simbolis uang bonus PON pada Senin malam (22/5), oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola, kepada para atlet, pelatih dan asisten pelatih peraih medali, hari ini mereka sudah bisa mencairkan uang bonus tersebut dengan langsung mengambilnya ke KONI Jambi," kata Ketua Umum KONI Jambi, Indra Armendalis, di Jambi Selasa.

Ada sebanyak 13 cabang olahraga dengan hampir seratus orang atlet, pelatih dan asisten pelatih yang menerima dan mendapatkan bonus PON XIX/2016 di Jawa Barat lalu dan besarnya uang bonus yang diberikan Pemerintah provinsi melalui KONI Jambi adalah untuk atlet peraih medali emas Rp250 juta, perak Rp150 juta dan perunggu Rp100 juta.

Sedangkan untuk pelatih kepala medali emas diberikan sebesar Rp100 juta, perak Rp75 juta dan perunggu Rp50 juta sementara itu asisten pelatih yang mendapatkan emas mendapatkan Rp50 juta, perak Rp30 juta dan perunggu Rp20 juta.

Kontingen Jambi pada PON di Jawa Barat lalu, berhasil meraih enam medali emas, enam perunggu dan 21 perunggu dengan menempati peringkat 20 besar nasional, dimana enam medali emas Jambi tersebut dipersembahkan oleh cabang dayung dan gulat masing-masing menyumbangkan satu medali emas sedangkan cabang panahan dan biliar pada PON lalu masing-masing sumbangkan dua medali emas.

Atlet peraih uang bonus yang besar dari cabang biliar, Rizky yang mendapatkan uang Rp375 juta merupakan peraih dua medali emas, yakni nomor perorangan dan berpasangan, sedangkan Sumita Kurnia cabang dayung bersama Efriadi dari cabang gulat sama-sama menerima bonus sebesar Rp250 juta karena meraih satu medali emas.

Sementara itu atlet peraih medali lainnya menerima uang bonus sesuai dengan ketetapan yang diberikan KONI Jambi baik itu nomor perorangan maupun beregu dan perncairannya dilakukan di sekretariat KONI Jambi, kata Indra Armendalis.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017