Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Provinsi Jambi berupaya mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pangan selama bulan Ramadhan salah satunya dengan menggelar pasar murah.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar yang jika tidak ditangani dengan baik akan membuat masyarakat menjadi kesulitan," kata Gubernur Jambi Zumi Zola, usai memimpin rapat koordinasi bersama Forkompimda setempat, Selasa.

Menurutnya ketersediaan pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat sangat penting dan berpengaruh pada perubahan harga di pasar termasuk saat mendekati dan selama bulan Ramadhan.

"Pangan ini adalah kebutuhan dasar kalau tidak tersedia maka akan kolaps, untuk itu pentingnya memperhatikan sektor pangan. Dan saya sangat mengapresiasi kabupaten/kota yang telah memberikan perhatian lebih kepada bidang pertanian," katanya.

Menghadapi bulan Ramadhan, kata Zola pemerintah harus turun tangan dalam menekan harga barang jangan sampai melambung tinggi, dan mewaspadai jika ada oknum yang bisa menimbun pangan.

"Saya berharap Bulog dapat lebih maksimal, dan berdasarkan pantauan kita, stok beras, gula dan daging beku aman hingga enam bulan ke depan. Pemerintah kabupaten/kota juga kita minta melakukan operasi pasar di titik-titik strategis dengan melibatkan Bulog," katanya menjelaskan.

Dalam rapat koordinasi yang diikuti pihak TNI, Polri dan seluruh pihak terkait lainnya itu, Zola menekankan pentingnya menjaga keamanan pangan dan jika ada upaya penimbun pangan, maka harus ditindak tegas.

Zola menambahkan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota akan membentuk Tim Satgas Pangan yang tugasnya memantau serta menstabilkan harga pangan di wilayahnya


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017