Jambi, Antarajambi.com - Kepala Kepolisian Resor Kota Jambi AKBP Fauzi Dalimunthe mengatakan pihaknya akan meningkatkan pengawasan terhadap aksi penimbunan sembilan bahan pokok (sembako) selama bulan puasa dan Lebaran 2017.

"Kami akan mengawasi dan terus memantau serta mengingatkan para agen sembako di Kota Jambi untuk tidak melakukan aksi penimbunan yang berimbas pada penaikkan harga di tingkat pedagang," kata Fauzi Dalimunthem di Jambi, Selasa.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, Satgas Pangan Kota Jambi akan melaksanakan operasi pasar selama Ramadan.

Polresta Jambi yang tergabung dalam satgas pangan itu juga akan melaksanakan pemantauan langsung ke sejumlah pasar dengan melibatkan pihak pemkot setempat untuk bersama-sama menjaga kestabilan harga sembako di daerah ini.

Meski belum ada penimbunan bahan pangan, pihaknya akan terus dan intensif melakukan pemantauan di tempat-tempat atau gudang penyimpanan.

"Kami juga akan mencari informasi sumber-sumber pangan atau sembako yang berpotensi naik," ujarnya.

Pemantauannya sejauh ini belum ada gejolak penaikan harga atau penimbunan bahan pangan. Bahkan, sampai sekarang harga masih normal dan belum ada lonjakan signifikan.

Kewaspadaan akan penimbunan bahan pangan dan pemantauan harga tersebut, kata dia, merupakan instruksi Kapolri melalui kapolda. Selanjutnya, masing-masing polres/polresta menindaklanjuti dengan melakukan peninjauan jalur distribusi bahan pokok.

"Kami berjanji akan menindak tegas oknum yang bersalah yang kedapatan menimbun sembako hingga berdampak pada kelangkaan dan kenaikan harga dari komoditas tertentu," kata Kapolresta Jambi Fauzi Dalimunthe.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017