Jambi, Antarajambi.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menyiapkan uang kartal senilai Rp2,2 triliun untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang menjelang Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Uang kartal yang disiapkan BI Jambi tersebut terdiri atas berbagai pecahan diantaranya dari uang pecahan kecil hingga pecahan paling besar," kata Deputi Kepala Perwakilan Bidang Sistem pembayaran dan Manajemen Intern pada Kantor Perwakilan BI Jambi, Poltak Sitanggang di Jambi, Selasa.

Poltak mengatakan, proyeksi persediaan uang pada saat menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini berdasarkan pada aktivitas ekonomi di Jambi yang diperkirakan semakin bertumbuh.

BI Jambi telah mempersiapkan persediaan uang tunai itu, dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di Kota Jambi maupun di luar Kota Jambi.

"Total persediaan semuanya yang ada di BI Jambi ada sekitar Rp3 triliun, namun untuk yang didistribusikan ke perbankan di daerah ini sebesar Rp2,2 triliun, kemudian untuk Rp1 triliun lagi disimpan di kas," katanya.

Saat ini uang-uang tersebut sebagian sudah didistibusikan ke berbagai perbankan yang beroperasi di Jambi. Sedangkan untuk penukaran uang pecahan baru akan dilakukan mulai tanggal 12 Juni hingga 22 Juni 2017.

"Untuk penukaran uang pecahan kecil itu masyarakat bisa menukarkan melalui kas keliling BI yang akan dimulai 12 Juni 2017," katanya.

Namun bagi masyarakat tidak kebagian atau yang belum sempat menukarkan uang pecahan kecil pada kas keliling masyarakat juga bisa menukarkan uang di bank-bank lain yang telah ditunjuk BI Perwakilan Provinsi Jambi.

"Bank-bank yang ada di Jambi sudah kita surati untuk menerima uang dari masyarakat yang akan menukar," katanya menjelaskan.

Selain itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak menukarkan uang kepada perorangan. Hal itu untuk menghindari peredaran uang palsu yang marak terjadi menjelang lebaran.

"Jadi supaya aman jangan menukarkan lewat perorangan, tapi tukarlah di bank. Di bank-bank itu kita yakini uang tukar untuk masyarakat adalah uang emisi baru baru dan asli," katanya.


Pewarta: Gresi P

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017