Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Kota Jambi menggelar pasar murah di kawasan tugu "Monas" di Jalan Zainir Havis kota itu untuk menekan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pasar murah yang dibuka Rabu (21/6), di depan perkantoran Kota Jambi itu langsung diserbu warga yang telah mengantre untuk membeli sejumlah paket kebutuhan pokok yang dijual dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasar.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Jambi, Mukhlis mengatakan harga paket sembako yang dijual di pasar murah itu berbeda-beda dan setiap paket mendapat potongan harga 20 hingga 30 persen.

"Kita menggandeng sejumlah perusahaan baik itu BUMN dan BUMD, harga paket yang dijual juga berbeda-beda tegantung dari paketnya," kata Mukhlis usai membuka pasar murah itu.

Harga jual paket sembako yang dipatok antara Rp35 ribu hingga Rp50 ribu itu dengan beranekaragam komoditas mulai dari minyak goreng, beras, tepung gula, susu dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan kebutuhan pokok murah tersebut warga harus membeli kupon terlebih dahulu dan kemudian menukarkan kepada perusahaan penyedia yang telah disediakan gerai penjualan.

Penyelenggaraan pasar murah yang berlokasi di dekat Tugu Monas Kota Jambi itu mendapatkan sambutan masyarakat. Bahkan ada warga yang tidak dapat lagi membeli kupon karena persediannya telah habis.

"Saya sudah antre membeli kupon murah, tapi tetap saja tidak dapat karena yang beli banyak," kata Sumiati (45) warga Kecamatan Kota Baru, Jambi.

Selain pasar murah menyediakan sembako, ditempat yang sama juga digelar pasar murah daging beku yang dijual dengan harga Rp80 ribu dan mendapat respon cukup banyak dari masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Komari mengatakan pasar murah menjelang lebaran tersebut diselenggarakan untuk meringankan beban masyarakat dalam menyambut hari lebaran.

"Pasar murah ini terbuka untuk siapapun, dan kami menyediakan paket-paket sembako yang murah dan diharapkan dapat membantu masyarakat," kata Komari menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017