Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola mengajak seluruh masyarakat di wilayahnya dalam momen hari raya Idul Fitri ini untuk saling memaafkan atas berbagai kesalahan dan kekhilafan baik disengaja ataupun tidak disengaja.

"Pekerjaan hati yang sangat tinggi nilainya adalah memaafkan, meminta maaf dan saling memaafkan," kata Zola usai melaksanakan sholat id di Masjid Agung Al-Muhajirin Kabupaten Batanghari, Minggu.

Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan Gubernur beserta istri di kabupaten merupakan sesuatu yang baru, karena biasanya gubernur Jambi beserta istri melaksanakan sholat Id di Masjid Agung Al-Falah Kota Jambi, ibukota provinsi.

"Mudah-mudahan berkat ibadah selama bulan ramadan yang dilengkapi dengan menunaikan Zakat Fitrah, insyaAllah kita termasuk orang-orang yang kembali pada fitrahnya," ujarnya.

Menurutnya ibadah puasa ramadan berfungsi sebagai tazkiyatun nafsi yaitu mensucikan jiwa, dan Zakat Fitrah berfungsi sebagai tazkiyatul badan, yaitu mensucikan badan. Maka setelah selesai ibadah puasa dan menunaikan zakat, seorang Muslim akan kembali pada fitrahnya, yaitu suci jiwanya dan suci badannya.

"Seorang Muslim yang kembali pada fitrahnya, selain sebagai abid (hamba Allah) yang bertaqwa, juga akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan peduli pada lingkungannya. Itulah gambaran seseorang yang kembali pada fitrahnya setelah selesai menunaikan ibadah ramadan," katanya menjelaskan.

Zola juga berharap dengan ibadah puasa ramadan dan dengan kembalinya semua masyarakat muslim di Jambi pada fitrahnya, cita-cita menjadikan Jambi yang lebih baik dibawah ridho Allah SWT dapat terwujud.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat untuk menyatukan niat tulus ikhlas, menghilangkan rasa dengki dan irihati dan menggantinya dengan kasih sayang dan persaudaraan.

Sebelumnya Bupati Batanghari, Syahirsah menyampaikan hal yang senada dengan apa yang disampaikan oleh gubernur Jambi, yaitu mengajak masyarakat untuk saling memaafkan.

Usai menunaikan sholat Idul Fitri, gubernur beserta istri menghadiri "open house" bupati Batanghari beserta istri di pendopo rumah dinas bupati Batanghari. Gubernur Jambi beserta istri juga menyantuni anak-anak dari Panti Anak Cacat Tiara Bakti kabupaten setempat.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017