Jambi, Antarajambi.com - Pengelola Bandara Sultan Thaha Jambi memprediksi puncak arus balik penumpang melalui bandara tersebut akan terjadi pada akhir pekan ini, karena bertepatan dengan habisnya masa cuti libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah. 

"Lonjakan penumpang arus balik terjadi pada H+5 dan H+6 (Jumat-Sabtu) akhir pekan ini, sehingga kami siap berikan pelayanan pada puncaknya lonjakan penumpang," kata Manager Operasional Bandara Sultan Thaha Jambi, Indra Gunawan di Jambi, Selasa.

Berdasarkan data yang dihimpun Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara jumlah pemudik yang berangkat atau pun yang tiba pada arus balik lebaran setiap harinya belum bertambah secara signifikan.

Jumlah penumpang yang tercatat datang pada waktu sehari setelah lebaran atau Senin (26/6) kemarin hanya mencapai 2.751 orang. Sedangkan yang berangkat dari bandara tersebut hanya 2.735 orang dan angka tersebut tergolong masih normal.

"Secara total dalam sehari itu ada 44 frekuensi penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan dari dan ke Jambi," kata dia.

Hingga saat ini sejumlah maskapai masih terus melayani penerbangan untuk mengangkut penumpang yang akan menuju ke Jambi dan sebaliknya.

Pihaknya menyebutkan, sejauh ini momen arus mudik lebaran tahun ini di Terminal Bandara Sultan Thaha tersebut lancar dan tidak ada kendala, karena sebelumnya pihak bandara telah mempersiapkan dan mengantisipasi jika terjadi lonjakan penumpang.

Di samping itu, pihak pengelola bandara juga meningkatkan pengawasan pada areal kedatangan dan keberangkatan, supaya pemakai jasa penerbangan bisa tertib dan aman.

"Arus mudik yang melalui Bandara ini terhitung mulai dari H-10 hingga H+2 berjalan aman dan lancar tidak ada kendala apapun," katanya.

Saat ini, Bandara Sultan Thaha Jambi melayani 44 jadwal penerbangan domestik dari dan ke Jambi dengan tujuan ke berbagai daerah di Indonesia.

Indra menyebutkan ada delapan maskapai penerbangan yang beroperasi melayani penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Nam Air, Batik Air, Wings Air dan Susi Air.(Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017