Jambi, Antarajambi.com - Tim Satuan Tugas Pangan pasca-Lebaran 2017 langsung turun ke beberapa lokasi pasar tradisonal maupun toko sembako untuk mengecek kesediaan atau stok dan memantau langsung harga sembilan bahan pokok di Jambi.

Tim Satgas Pangan Polda Jambi yang dipimpin langsung Direktur Reserse Kriminal Khusus(Ditreskrimsus) Kombes Pol. Winarto di Jambi, Jumat, melakukan pengecekan langsung ke warung, toko atau pedagang sembako, hingga ke pasar tradisional yang ada di Kota Jambi guna memastikan harga sembako pasca-Lebaran.

Hasil pantuan tim satgas pangan itu menyebutkan bahwa harga sembako di Kota Jambi dan sekitarnya masih normal dan stabil. Mereka juga melihat ketersediaan bahan pokok sembako di wilayah Kota Jambi.

Dari hasil monitoring dan wawancara langsung kepada para pedagang yang dilakukan oleh Tim Satgas Pangan Polda Jambi bahwa harga sembako masih normal dan stok ketersediaan bahan pokok di Kota Jambi masih belum normal karena pemasok bahan pangan masih libur Lebaran.

Winarto menyebutkan dari hasil pantaun langsung tersebut, langkah-langkah yang dilaksanakan oleh Satgas Pangan Polda Jambi adalah berkoordinasi dengan distributor agar ketersedian mencukupi sehingga tidak muncul atau berdampak pada penaikan harga sembako nantinya.

Untuk harga sembako saat ini, katanya lagi, masih signifikan. Dalam hal ini, tim akan langsung berkoordinasi dengan Bulog dan Disperindag untuk mengambil langkah ketersedian atau stok pangan agar bisa mencukupi dalam sepekan ke depan dan pihak polda akan terus monitoring dan turun ke pasar guna antisipasi permainan harga di tingkat pengecer.

Dari kegiatan pemantauan yang dilakukan Tim Satgas Pangan Polda Jambi kepada pedagang dan toko sembako di pasar, harga bawang merah Rp26 ribu per kilogram, bawang putih Rp26 ribu/kg, cabai rawit Rp40 ribu/kg, cabai merah Rp24 ribu/kg, bawang bombai Rp18 ribu/kg, tomat Rp6.000,00/kg, beras kualitas sedang Rp10.500,00/kg, gula pasir Rp12.500,00/kg.

Minyak goreng Rp11 ribu/kg, tepung terigu Rp7.000,00/kg, telur ayam ras Rp1.200,00/butir, tahu Rp5.000,00/10 biji, tempe Rp7.000,00/kg, daging ayam potong Rp30 ribu/kg, daging sapi Rp120 ribu/kg, ikan patin Rp17 ribu/kg, ikan nila Rp30 ribu/kg, kentang Rp13 ribu/kg, timunRp8.000,00/kg, dan wortel Rp6.000,00/kg.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017