Jambi, Antarajambi.com - Polda Jambi menjabarkan program kebijakan Kapolri untuk menjadikan polisi yang Promoter (Profesional - Modern - Terpercaya) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan membangun aplikasi berbasis teknologi informasi.

Kesiapan Polda Jambi dalam menjalankan pelayanan berbasis IT itu dipaparkan Kapolda Jambi Brigjen Pol Priyo Widyanto, disela-sela kunjungan Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin ke Jambi saat mengunjungi Mapolda Jambi, kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi di Jambi, Rabu.

Aplikasi berbasis IT itu dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan dan informasi kepada pihak kepolisian. Aplikasi ini juga mudah didapatkan karena sudah ada di `Googleplay Store` secara gratis.

Program aplikasi yang telah dibangun Polda Jambi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat diantaranya `command center` Polda Jambi, cctv RTMC yang dipusatkan di Polda Jambi dapat mengontrol beberapa aktifitas masyarakat Jambi melalui cctv yang dioperasikan oleh RTMC Ditlantas Polda Jambi dan cctv itu sudah dipasang pada beberapa persimpangan di Kota Jambi.

Kemudian ada program "quick response" Polda Jambi yang merupakan sistem aplikasi pelayanan terpadu pengaduan masyarakat dalam menjaga dan peningkatan situasi Kamtibmas di Provinsi Jambi yang sudah bisa di download pada google play store secara gratis.

Vicon Polri sistem komunikasi audio, visual secara visual dan live dimana aplikasi interkoneksi antara radio komunikasi dengan perangkat smartphone yang terintegrasi memlalui jajaran polres di Polda Jambi guna mendukung komunikasi antar lintas jajaran Polda Jambi, kata Kuswahyudi.

Sementara itu di rumah sakit Bhayangkara Polda Jambi juga menggunakan sistem aplikasi berbasis android yang dibangun guna memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Jambi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait apa saja yang ada di rumah sakit Bhayangkara Polda Jambi tersebut.

Melalui aplikasi itu masyarakat dapat melihat jadwal dokter yang praktek, dapat cek kamar yang terdapat di rumah sakit itu serta dapat berkomunikasi langsung dengan operator rumah sakit melalui media chat yang ada didalam aplikasi tersebut.

Selain itu dalam aplikasi ini masyarakat dimudahkan dengan adanya konten pendaftaran secara online dan adanya konten dokter menjawab sehingga masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan dokter mengenai masalah kesehatan.

Program lainnya ada `Regident Center` Siginjai Polda Jambi (RC Siginjai) yang merupakan aplikasi berbasis android tentang sistem informasi dan komunikasi regident kendaraan bermotor dan pengemudi yang terkoneksi dengan data dikorlantas Polri dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat dalam aplikasi ini memuat segala sesuatu mengenai kendaraan bermotor seperti scan barcode BPKB, masyakat dapat mengetahui apakah BPKB sudah terdata di kepolisian atau tidak, kemudian ada info biaya PNBP BPKB.

Ada juga info kendaraan video petunjuk proses BPKB, STNK dan SIM, info pengaduan, reminder STNK, E-Cek fisik, info biaya PNBP STNK dan lainnya bisa didapat melalui googleplay store secara gratis, ada program quick response Ditlantas Polda Jambi.

Dalam aplikasi ini memuat beberapa content unggulan diantaranya Ditlanjas Jambi Siaga, Sistem untuk mengelola situasi yang memerlukan kewaspadaan, keamanan, kesiapsiagaan, kenyamanan masyarakat dengan mengintegrasikan seluruh fasilitas di Polda Jambi dan jajarannya.

`Panic buton,` suatu sistem quickrespon petugas kepolisian yang tersambung langsung ke Ditlantas Polda Jambi dimana berupa tombol yang berbasis aplikasi android ini apabila ditekan maka alart akan dikirim kepihak-pihak yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sitem monitoring patroli lalulintas dengan menggunakan live streaming secara real time melalui car cam yang terletak pada kendaraan patroli dan sistem E-Samsat yang suatu sistem aplikasi berbasis android untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan pelayanan terkait pembayaran pajak kendaraan secara mudah dengan menggunakan mesin atm yang terdapat dimanapun dan kapanpun juga sehingga masyarakat tidak perlu menunggu antrian di loket Samsat.

Dalam era modernisasi teknologi serta percepatan informasi, Polda Jambi membangun beberapa aplikasi IT berbasis android untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat jambi, semua aplikasi ini sudah ada di `Googleplay Store` dan dapat di download secara gratis.

Berikutnya Polda Jambi akan membuat beberapa inovasi dan terobosan lainnya, itu semua untuk membangun Polri yang Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) kata jurubicara Polda Jambi, Kuswahyudi.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017