Jambi, Antarajambi.com - Kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Jambi akan segera membangun Rumah tanahan negara atau Rutan baru di Kabupaten Muarojambi dan Lapas khusus perempuan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Kita akan membangun Rutan baru di Sengeti Kabupaten Muarojambi sesuai dengan permintaan dari Bupati Muarojambi, Masnah Busro yang telah berjanji akan ikut membantu pembangunannya nanti,` kata Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi Bambang Palasara, Sabtu.

Sedangkan pembangunan Lapas khusus Perempuan akan dilakukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dan pembangunan keduanya akan dilakukan secara bertahap oleh pemerintah daerah setempat dengan menggunakan dana APBD masing-masing.

Bambang mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Muarojambi dan Tanjabtim karena telah bersedia membantu membangun Rutan dan Lapas Khusus Perempuan sehingga secara langsung akan mengurangi jumlah napi di Lapas Jambi.

Untuk Lapas Perempuan di Jambi saat ini masih digabung dengan Lapas Anak di Muarabulian, Kabupaten Batanghari.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, dalam rangka mengantipasi `over load` di Lapas Klas IIIA Jambi, pihak Kanwil Kemenkumham Jambi juga berencana untuk melakukan relokasi dan rencana relokasi Lapas Jambi tersebut sudah dibicarakan dengan Gubernur dan Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Rencananya, Lapas Jambi akan direlokasi ke Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, dengan luas lahan delapan hingga 10 hektare, namun relokasi masih dalam tahap rencana dan nanti jika sudah direlokasi, Lapas Jambi yang sekarang ini akan dijadikan Rutan, kata Bambang Palasara.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017