Jambi, Antarajambi.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi menetapkan tiga desa di wilayah kerjanya menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Tenaga Kerja di lingkungan masyarakat dan pemerintah desa.

Tiga desa yang ditetapkan menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yaitu Desa Talang Duku, Desa Kasang Pudak dan Desa Mendalo Darat yang berada di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, kata Humas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi Septy di Jambi, Minggu.

Dalam rangkaian memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 itu, BPJS Ketenagakerjaan juga berpartisipasi dengan mengadakan jalan bersama masyarakat di Desa Mendalo Darat yang merupakan lanjutan dari MoU desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan itu.

"Kami sengaja mengadakan acara di pedesaan itu supaya sekaligus bisa sosialisasi dan mengedukasi masyarakat soal pentingnya jaminan sosial untuk masa depan," katanya.

Penetapan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan menyejahterahkan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional.

Tujuan ditetapkannya desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut kata dia, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial khususnya program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Agar masyarakat desa mengenal lebih dekat program bpjs ketenagakerjaan sehingga akan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya menjelaskan.

Selain itu melalui desa itu juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran perangkat desa terhadap kesejahteraan masyarakat pekerja di desa melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Sehingga seluruh perangkat desa, yayasan/BUMdes, tenaga ahli atau pendamping desa, pelaku ekonomi di lingkungan desa dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan sejumlah jaminan sosial," katanya menambahkan.

Wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan yang meliputi wilayah Kabupaten Tebo, Batanghari, Muarojambi, Tanjungjabung Timur, Tanjungjabung Barat dan Kota Jambi, saat ini telah memiliki trauma center yang terdapat di 30 fasilitas kesehatan rumah sakit.

Selain itu berdasarkan data keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan di Jambi masih rendah atau hanya sebesar 20,81 persen dari jumlah keseluruhan angkatan kerja sebesar 1.216.325 pekerja.



Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017