Jambi, Antarajambi.com - Sekitar 3.000 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi akan mengikuti praorientasi pengenalan kampus mulai Kamis (24/8).

"Seluruh mahasiswa baru akan mengikuti praorientasi pengenalan kampus, kegiatan ini wajib bagi mereka," kata Kepala Bidang Akademik UIN Jambi Darul Hipni di Jambi, Selasa.

Berbeda dengan angkatan sebelumnya, mahasiswa baru Tahun Akademik 2017-2018 masuk hanya berselang dua bulan setelah perguruan tinggi itu berganti nama dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri.

Pembukaan orientasi itu akan digelar serempak di Kampus UIN Jambi dengan peserta dari 28 prodi yang ada di perguruan tinggi itu. Pelaksanaan orientasi dilakukan dengan pengawasan langsung dari dosen dan staf di setiap prodi.

"Praorientasi pertama tingkat universitas, sedangkan untuk tingkat prodi akan digelar mulai 30 Agustus. Protapnya dengan melibatkan dosen dan staf, komitmen tidak ada kekerasan dalam orientasi ini," katanya.

Perubahan status dari IAIN menjadi UIN menjadi salah satu materi dari orientasi pengenalan kampus, meski secara umum proses pembelajaran tidak ada yang berbeda yang mana UIN memiliki prodi yang khas dibandingkan dengan perguruan tinggi atau universitas lainnya.

Dalam orientasi itu, juga akan diisi dengan kuliah umum dengan pemateri yang disiapkan untuk membekali para mahasiswa baru memasuki gerbang baru di perguruan tinggi.

"Akan ada kuliah umum sekaligus pembekalan bagi mahasiswa baru," katanya.


Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017