Jambi, Antarajambi.com - Pemerintah Provinsi Jambi menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani di Desa Pandan Jaya, Kabupaten Tanjungjabung Timur sebagai upaya mewujudkan daerah itu swasembada pangan.

"Pertanian menjadi harapan meningkatkan kesejahteraan para petani dan kalau panen saya akan ikut panen," kata Gubernur Jambi Zumi Zola usai pemberian bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) tersebut, Rabu.

Bantuan yang diberikan gubernur melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi itu berupa berupa 30 unit traktor, 21 unit pompa air, empat unit cultivator, lima unit alat panen padi dan lima unit perontok jagung.

Selain itu juga diberikan bantuan dari Dinas Perikanan berupa alat tangkap ikan serta satu bangunan rumah asap kelapa dan satu unit alat pengolahan pinang dari Dinas Perkebunan.

Zola berharap dengan bantuan dari berbagai pihak termasuk kerja sama perbankan yang telah diberikan untuk masyarakat, mampu menjadikan Kabupaten Tanjungjabung Timur swasembada pangan.

"Kita harapkan harga terjaga dan bisa swasembada pangan dan ini juga ada bantuan ternak kambing," ujarnya.

Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto berharap pemberian bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dapat terus terlaksana guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017