Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola beserta istri menyerahkan kurban dua ekor sapi kepada pengurus masjid Al-Huda Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Jumat.

"Kita baru saja selesai mengerjakan shalat Idul Adha dilanjutkan menyerahkan sapi kurban. Shalat Idul Adha dan Idul Fitri kami memang segaja untuk berkeliling ke luar Kota Jambi, pada Shalat Idul Fitri yang lalu di Kabupaten Batanghari dan sekarang di Kabupaten Tebo," katanya di Tebo, Jumat.

Zola mengatakan momen Idul Adha selain silaturrahmi bersama masyarakat juga mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta ada nilai lain dari Nabi Ibrahim yaitu sifat pengorbanannya.

"Untuk itu bagaimana kita bisa berbagi sesama kita dengan cara berkurban, kita telah membantu saudara kita, diharapkan semua dapat memberikan sebagian penghasilannya kepada fakir miskin," ujarnya.

Dijelaskannya, Idul Adha mengingatkan kepada sosok Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sebab itu disaat jutaan umat muslim sedang bergegas menyelesaikan prosesi Ibadah haji, kita di tanah air perlu merenung sejenak pelajaran-pelajaran yang dititipkan Allah kepada kita melalui kasih monumental Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Nabi Ibrahim kata Zola merupakan teladan pengorbanan yang tulus, yang mana telah mengajarkan kepada kita bahwa seorang mukmin harus sepenuhnya hidup untuk sebuah cita-cita yang tinggi.

"Nabi Ibrahim mengajarkan kita bahwa obsesi berupa rela berkorban dan mencapai cita-cita hidup sepenuhnya harus selalu diukur dengan keridhoan dan kecintaan kepada Allah," katanya menjelaskan.

Perayaan Hari Raya Idul Adha katanya lagi merupakan suatu momentum bagi umat Islam untuk saling berbagi antara sesama hamba Allah, menjalankan segala yang diperintahkan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, serta sebagai wujud pengorbanan seorang hamba kepada seorang pencipta-Nya.

Selain itu, Zola mengajak masyarakat untuk medoakan orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan menjadi haji/hajah yang mabrur.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, kami menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha 1438 Hijrah, semoga semangat berkurban ini akan senantiasa terpatri dalam sanubari setiap insan yang selalu mengharapkan ridho dari Allah SWT. Mohon maaf lahir dan bathin," katanya menambahkan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017