Jambi, Antarajambi.com- Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Erwan Malik berharap pameran buku dalam rangkaian peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan yang digelar pemerintah setempat dapat meningkatkan minat baca masyarakat daerah itu.

"Kita berharap agar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bisa mendorong peningkatan minat baca masyarakat, guna meningkatkan wawasan dan pemikiran masyarakat," katanya usai membuka pameran itu di Jambi, Selasa.

Erwan berharap kegiatan tersebut mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan frekuensi kunjungan masyarakat Jambi sekaligus kecintaan terhadap perpustakaan.

Dia juga mengimbau orangtua untuk mendorong anak-anak mereka supaya gemar membaca buku.

"Kita sebagai orang tua harus mendorong anak-anak agar gemar membaca, mencintai membaca serta menanamkan hobi bagi anak untuk membaca," ujarnya.

Selain itu, pameran buku memicu dan memotivasi masyarakat Jambi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang aktual, lengkap, terpercaya.

"Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menarik minat masyarakat memaanfatkan perpustakaan, menumbuhkan motivasi anak untuk membaca dan menggali ilmu pengetahuan," katanya lagi.

Dijelaskannya, membangun dan mengembangkan perpustakaan di Indonesia, merupakan tanggung jawab bersama, sesuai dengan amanat Undang-undang No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, PP No.24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU tentang Perpustakaan yang bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas pengetahuan dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Siapa yang menguasai informasi dan teknologi dialah menguasai bumi, artinya barang siapa yang banyak membaca dan belajar dialah yang berhasil, itulah pentingnya membaca," ujarnya.

Erwan juga minta buku-buku yang ada di perpustakaan di Provinsi Jambi hendaknya buku-buku terbaru dan sekali tiga bulan ditambah dan diisi buku terbaru.

Erwan menambahkan, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan dan peningkatan minat baca bagi masyarakat, Pemprov Jambi juga berencana memindahkan aktivitas perkantoran Perpustakaan dan Arsip Daerah ke gedung yang lain, karena melihat minat masyarakat terus bertambah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Syamsurizal mengatakan pihaknya terus berperan aktif dan berusaha maksimal mempromosikan keberadaan perpustakaan, yang salah satunya melalui pameran buku.

Dia mengatakan pengunjung perpustakaan di Provinsi Jambi setiap harinya lebih kurang 400 orang dengan menggunakan layanan otomasi dan digitalisasi perpustakaan, termasuk layanan internet gratis.

Selain pameran buku, peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Jambi, juga diisi dengan penyerahan hadiah lomba perpustakaan umum desa/kelurahan terbaik, perpustakaan SMA/SMK/MA, pustakawan berprestasi terbaik, serta pemenang lomba bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Provinsi Jambi.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017