Jambi, Antarajambi.com - Dinas Perhubungan Provinsi Jambi mengatakan Kementerian Perhubungan sepakat dilakukan pengerukan alur perairan Pelabuhan Muarsabak di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi, tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra di Jambi, Rabu, mengatakan rencana pengerukan dari Pelabuhan Muarasabak hingga ke laut lepas sebelumnya sudah diajukan gubernur Jambi.

"Tahun 2018 ada beberapa titik yang dilakukan pengerukan sesuai pengajuan gubernur kepada Menteri Perhubungan," kata Varial.

Dia menyebutkan, pengerukan alur perairan dari pelabuhan ke laut lepas sekitar 12 mil, sebab itu pengerjaan dilakukan secara bertahap.

"Tahun ini beberapa titik dulu, dengan anggaran yang tersedia pengerukan nantinya akan berkelanjutan," katanya menjelaskan.

Sementara untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung yang juga berada di wilayah Kabupaten Tanjungjabung Timur, Varial mengatakan pengerjaannnya terus dilaksanakan karena pelabuhan itu sudah masuk program strategis nasional.

Sebelumnya Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, dalam pembangunan Pelabuhan Muarasabak, diperlukan jalan, pengerukan alur perairan dan pembangunan tebing sungai untuk menahan abrasi.

Menurutnya Pelabuhan Muarasabak, di Kabupaten Tanjungjabung Timur adalah salah satu penunjang kawasan ekonomi khusus pantai timur Jambi dalam upaya meningkatkan perekonomian provinsi ini.

Dia juga berharap Pelabuhan Muarasabak selesai paling lambat tahun 2020 mendatang.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017