Jambi, Antarajambi.com - Sebanyak 4.978 kepala keluarga di Kabupaten Batanghari telah menerima Bantuan tahap ketiga Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian sosial. Dan saat ini penyaluran tahap 4 masih dalam proses. 

"Untuk penyaluran PKH  tahap ketiga telah selesai, dan saat ini kita tengah melakukan validasi data untuk penyaluran tahap keempat," kata Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Batanghari Yusuf di Muara Bulian,  Senin. 

Ia mengatakan, setiap tahap penyaluran selalu dilakukan validasi data, karena setiap tahap penyaluran datanya selalu mengalami perubahan. Hal itu dikarenakan komponen yang menjadi syarat penerimaan bantuan tidak lagi terpenuhi oleh keluarga penerima manfaat atau KPM sehinga setiap tahapnya penerima manfaat cenderung berkurang. 

"Setiap tahap selalu mengalami perubahan, contohnya pada tahap pertama ada 4.992 KK penerima manfaat, tahap kedua ada 4.988 KK penerima manfaat dan tahap ketiga ada 4.978 KK penerima manfaat," katanya. 

Komponen-komponen yang biasanya tidak lagi memenuhi syarat sebagai penerima manfaat, kata dia , antara lain  penerima manfaat telah pindah dan untuk alamat barunya tidak lagi terlacak. Selain itu banyak juga ditemukan penerima manfaat telah lulus sekolah SMA, sehingga tidak lagi bisa menerima bantuan tersebut. 

Sementara itu, dari delapan kecamatan di Kabupaten Batanghari, penerima manfaat PKH terbanyak terdapat di Kecamatan Muaro Sebo Ulu dengan penerima manfaat sebanyak 1.471 KK. Sedangkan di kecamatan lain berkisar 200 sampai 800 KK penerima manfaat. 

"Penerima manfaat yang paling banyak terdapat di Kecamatan Muaro Sebo Ulu, dengan kata lain tingkat kemiskinan di kecamatan tersebut paling tinggi diantara kecamatan lainnya," kata Yusuf menambahkan. 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017