Jambi, Antarajambi.com – Pembangunan infarstruktur Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten batanghari hingga awal Oktober 2017  telah mencapai 70 persen.

"Saat ini progres pembangunan infrastruktur yang berda di bidang Bina Marga, Cipta Karya dan pengairan secra keseluruhan sudah mencapai 60 sampai 70 persen. Pembangunan infrastruktur tersebut meliputi pembangunan turap, jembatan, jalan kabupaten dan jalan lingkungan, pansimas, ipal komunal, drainase serta pintu air,” kata Kepala Dinas PUPR Batanghari Zulkifli di Muara Bulian, Jum’at

Sebagian besar pembangunan infratsturktur tersebut merupakan persiapan Kabupaten Batanghari sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jambi ke 48 tahun 2018.

Dijelaskan Zukifli, alokasi dana untuk membangun seluruh infrastruktur tersebut berkisar Rp135 miliar , yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Batanghari dan dari dana APBN. Meski progres pembangunannya baru mencapai 70 persen, Dinas PUPR yakin sampai dengan Desember 2017 seluruh pembangunan akan rampung 100 persen.

"Salah satu kegiatan fisik yang bersumber dari dana APBN yakni pembangunan jembatan di Desa Singkawang, totalnya Rp23 miliar dari dana DAK. Sedangkan  dana APBD seperti pembangunan turap di Sungai Sekucing dan turap di jalan Sultan Thaha,” katanya.

Meksipun optimistis pembangunan akan rampung hingga akhir tahun, Dinas PUPR cukup mengkhawatirkan keadaan cuaca yang saat ini tidak menentu. Pasalnya saat ini sebagian besar pengerjaan fisik yang berjalan bergantung dengan keadaan cuaca.

"Yang kita khawatirkan saat ini hanya cuaca, soalnya pembangunan yang saat ini berlangsung bergantung dengan keadaan cuaca. Selain itu pembangunan pintu air Danau Letang di Jalan Pramuka juga cukup mengkhawatirkan, karena progresnya sangat lamban, saat ini pembangunannya baru mencapai 20 persen," katanya menambahkan.


Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017