Jambi, Antarajambi.com - Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi menggelar sayembara kreasi sosialisasi Pemilihan Walikota (Pilawako) Jambi 2018, melalui lomba film pendek dan cerita bergambar untuk meningkatkan partisipasi pemilih di daerah itu.

"Lomba kreasi tersebut merupakan salah satu aktivitas yang kami rancang agar kegiatan pemilu 2018 di Kota Jambi menjadi milik masyarakat luas," kata Komisioner KPU Kota Jambi, Yatno di Jambi, Senin.

Yatno menjelaskan batas akhir pengiriman karya lomba tersebut hingga 05 November 2017 dan selanjutnya karya akan melalui seleksi yang ketat oleh dewan juri secara independen.

Sedangkan untuk tema besar dalam lomba tersebut "pemilu dan demokrasi". Pemenang yang memiliki karya terbaik hasil penilian dewan juri dan pemenang akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

"Untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 12 November 2017, selanjutnya hasil karya pemenang akan menjadi hak milik KPU untuk digunakan sebagai sosialisasi kepada masyarakat," katanya menjelaskan.

Melalui media film pendek dan cerita bergambar tersebut menurutnya karena dapat disaksikan oleh masyarakat dengan beragam lintas usia.

Selain itu juga dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk turut serta menyukseskan pesta demokrasi yang sejatinya milik masyarakat.

Tidak hanya lomba kreasi dalam rangka pendidikan bagi pemilih, KPU juga melakukan beragam kegiatan dalam rangka mendekatkan momentum pemilu kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap demokrasi.

"Kami juga melibatkan komunitas dan mendirikan rumah pintar pemilu dengan memberikan informasi langsung kepada masyarakat supaya tidak apatis terhadap pemilu," kata Yatno menambahkan.

Sementara itu KPU RI di Jakarta telah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada Serentak 2018. Rencananya pencoblosan akan dilakukan pada 27 Juni tahun depan.

Dalam pilkada serentak 2018 itu akan diikuti oleh 171 daerah di Indonesia, dan salah satunya Kota Jambi yang juga akan menggelar pesta demokrasi untuk pemilihan walikota.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017