Jambi, Antarajambi.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mulai melakukan verifikasi berkas pemohon beasiswa yang sebelumnya lulus seleksi administrasi, sebagai penerima beasiswa beprestasi dalam program pendidikan dari pemprov setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto di Jambi, Selasa, mengatakan 6.225 berkas mahasiswa dinyatakan lulus oleh panitia seleksi adminitrasi sebagai penerima beasiswa prestasi, namun jumlah tersebut akan kembali diseleksi secara faktual.

"Seleksi ini adalah pemeriksaan kebenaran berkas yang diajukan oleh pendaftar beasiswa prestasi. Kita verifikasi berkas yang dikirim online dengan berkas yang dikirimkan dalam bentuk lampiran," katanya.

Dalam proses verifikasi, tim kata Agus akan datang langsung ke universitas/perguruan tinggi mahasiswa yang bersangkutan.

"Tujuannya untuk mencocokan data mahasiswa tersebut. Ini dilakukan untuk menghindari salah salur," ujarnya.

Seleksi tahap dua ini katanya membutuhkan waktu yang lumayan panjang, namun Agus menargetkan pemeriksaan dapat diselesaikan dengan cepat agar beasiswa dapat segera disalurkan.

Dijelaskanya lagi, pemohon beasiswa untuk jenjang D3 yang masuk sebanyak 553 berkas dan dinyatakan lulus seleksi aplikasi. Kemudian jenjang S1 sebanyak 4.308 berkas, jenjang S2 1.186 berkas dan S3 sebanyak 178 berkas serta dokter spesialis  sebanyak 42 berkas.

Menurutny berkas yang ditolak aplikasi lebih banyak dari jumlah yang dinyatakan lulus aplikasi. Apabila berkas dinyatakan gagal otomatis mendapat balasan ke-email pengirim.

Sementara untuk beasisawa pada jenjang SMK belum terisi dengan penuh. Pasalnya sejumlah SMK belum melaporkan siapa yang direkomendasikan untuk mendapatkan beasiswa prestasi ini. "Kami harapkan kepala sekolah segera melaporkan," katanya lagi.

Dari sekitar 500 kuota yang disediakan untuk SMK, ada empat kabupaten yang belum terisi penuh. Diantaranya Tanjungjabung Barat dan Sarolangun.

Agus menambahkan, jika pelaporan telah dan verifikasi data mahasiswa penerima beasiswa selesai, pada November ini beasiswa sudah dapat dicairkan dan dimanfaatkan oleh penerima.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017