Jambi, Antarajambi.com - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Jambi menyebutkan, saat ini perpustakaan milik pemerintah provinsi ini memiliki 400 ribu koleksi buku sehingga dapat menarik pengunjung untuk mencari berbagai rujukan ilmiah.

"Perpustakaan saat ini terus melakukan pembenahan, mulai dari koleksi buku dan menyediakan tempat yang nyaman untuk pengunjung yang datang," kata Kepala BPAD Provinsi Jambi Syamsurizal di Jambi, Minggu.

Menurut dia, selama ini keberadaan perpustakaan di mata masyarakat hanya sebagai tempat meminjam dan mengembalikan buku saja dan belum memberikan tempat yang nyaman untuk mencari sumber pengetahuan dan rujukan.

Dengan fasilitas ruangan nyaman yang disediakan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Saat ini per hari yang datang bisa sampai 500 orang atau dalam setahun bisa mencapai 100 ribu pengunjung, katanya.

Perpustakaan milik pemerintah provinsi Jambi yang terletak di Jalan Purboyo Kolopaking Telanaipura Simpang IV Sipin Telanai Kota Jambi itu, memiliki 400 ribu koleksi buku dengan 230 judul buku berbagai bacaan.

"Untuk kebutuhan buku tidak akan cukup sampai saat ini, karena kami melayani permintaan untuk mengisi buku di pojok baca di Provinsi Jambi ini," katanya.

Untuk tahun ini kata dia, Provinsi Jambi mendapat tambahan buku melalui anggaran APBN untuk 10 titik perpustakaan yang berada di daerah kabupaten/kota.

"Tahunya depan perpustakaan nasional juga akan membantu untuk penambahan buku, dan untuk jumlahnya berapa kita belum tahu," katanya menjelaskan.

Selain itu menurutnya, saat ini minat baca masyarakat Jambi masih tergolong masih rendah dan kedepannya perlu mendapatkan prioritas.

Untuk meningkatkan minat baca, khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa, menjadi hal yang perlu diprioritaskan untuk mencetak sumber daya manusia dalam rangka memajukan pembangunan di Jambi, katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017