Jambi, Antarajambi.com - Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar mendukung penuh upaya petani di Kabupaten Kerinci yang menanam dan mengembangkan komoditas Kopi Arabika Kerinci yang sudah diakui sebagai kopi terbaik secara nasional.

"Kopi ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani di Kabupaten Kerinci," katanya di Kerinci, Kamis.

Wagub mengatakan tanah Kerinci yang subur sangat bagus untuk pertanian, termasuk untuk Kopi Arabika. Namun demikian pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia serta pengelolanya juga perlu terus ditingkatkan, serta petani juga harus mendukung.

"Kita mengetahui tanah Kerinci subur dan paling tepat untuk pertanian. Di samping peningkatan SDM para petani, penyuluh harus terampil dalam mengelola agar hasil tanaman bisa bertambah baik, dengan tujuan agar kesejahteraan para petani bisa meningkat," kata Wagub.

Dalam tanam perdana Kopi Arabika dengan Program Opal MCA-Indonesia Grerndev Kerinci dan Konsorsium Sumatra Sustainable Support (SSS) Pundi Sumatra di Kerinci itu, penanaman dipusatkan di Bukit Bulat Sungai Renah, Desa Pasar Minggu Kayu Aro, Kecamatan Kayu Aro Barat.

Wagub juga menegaskan Pemprov Jambi sangat mendukung para petani Kerinci untuk mengembangkan berbagai tanaman pertanian seperti kopi arabika, sayuran, kulit manis, kentang, kol, cabai dan sayuran lainnya.

Wagub juga memotivasi petani untuk bersemangat dalam mengelola lahan pertanian dan berharap penanaman Kopi Arabika berdampak positif bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kerinci.

Wagub juga sepakat bersama para petani untuk tidak membuka lahan di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) terkait tata kelola lahan dalam bertani kopi.

Sementara itu, Bupati Kerinci Adi Rozal mengatakan penanaman kopi perdana tersebut di lahan seluas 500 hektare, dengan tidak merusak lahan TNKS.

"Tanaman Kopi Arabika ini bisa ditumpangsarikan dengan tanaman sayur lainnya, seperti kol, kentang dan cabai," kata Adi Rozal.

Para petani di Kerinci disebutnya sudah bekerja sama dengan LSM Green Development dan anggota Konsorsium SSS Pundi Sumatra sebagai pendamping dalam pengelolaan lahan kopi.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017