Jambi, Antarajambi.com -  Bupati Batanghari Syhirsah bersama Kapolres Batanghari Ade Rahmad Idnal menandatangani dua kesepakatan bersama atau memorendum of understanding (MoU).

Kesepakatan bersama antara Pemda dan Kepolisian Resort Batanghari tersebut terkait pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri bagi putra-putri daerah. Dan kesepakatan terkait pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa.

"Saat ini penerimaan anggota polisi sudah dilakukan secara transparan dan yang diutamakan adalah putra-putri daerah, dengan adanya kesepakatan ini di harapkan putra-putri daerah yang ingin menjadi anggota kepolisian dapat di koordinasikan. Namun dengan syarat putra-putri daerah unggulan," kata Bupati Syahirsah di Muara Bulian, Rabu.

Sementara itu terkait kesepakatan pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa dikatakan Syahirsah, kesepakatan tersebut hanya merupakan kesepakatan pengawasan. Bila terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana desa maka akan tetap di proses secara hukum.

"APBD desa sumbernya ada tiga , pertama dana desa yang berasal dari kemendes, itu kesepakatannya telah di tandatangi oleh mentri desa, mentri dalam negeri dan kapolri. Kemudian dana desa yang bersumber dari APBD provinsi, kesepakatannya telah di tandatangi antara Gubernur dan Kapolda, dan terakhir alokasi dana desa yang bersal dari APBD  dan saat ini sedang kita langsung kan penandatangan kesepakatan tentang pengawasannya," katanya

Sementara itu Kapolres Batanghari mengatakan  dengan adanya penandatangan kesepakatan tersebut, Polres Batanghari secara bersama-sama akan mengawal penggunaan dana desa untuk kemajuan desa di kabupaten itu.

"Untuk kesepakatan yang kedua, kita akan mencari bibit unggul yang ada dikabupaten batanghari. Jadi kita akan lakukan seleksi terhadap anak-anak sma yang unggul agar kedepan kepolisian di batanghari menjadi polisi yang baik dan unggul,” kata Kapolres Batanghari Ade Rahmad Idnal.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017