Jambi, Antarajambi.com - Tarian tradisional Ngagah (memanggil roh harimau) asal Kabupaten Kerinci sontak mengubah suasana pegelaran Batanghari River Festival (Festival Sungai Batanghari) jadi mistis karena banyak warga yang kerasukan.

Pada pembukaan Festival Sungai Batanghari yang digelar di kawasan wisata Tanggo Rajo Kota Jambi, Rabu, semula meriah dan menarik pengunjung karena banyak menampilkan seni budaya asal provinsi itu.

Namun diakhir acara, ditampilkan tarian Ngagah Harimau asal Pulau Tengah Kerinci yang mengubah suasana menjadi mistis dan menegangkan. Apalagi di lokasi acara berdiri replika harimau berukuran besar disertai pembakaran kemenyan

Semula penari perempuan yang berjumlah delapan orang itu menari santai diringi gendangan, semakin gendang dan gong ditabuh dengan kencang penari berkostum belang itu mulai kerasukan termasuk pemain gendang.

Tidak hanya itu, beberapa warga yang menyaksikan tradisi masyarakat Kerinci itu ikut kerasukan. Hal itu membuat suasana semakin mistis. Kebanyakan yang kerasukan bertingkah layaknya seekor harimau.

Namun itu tidak berlangsung lama, semua yang kerasukan lekas sadar ketika pawang-pawang tarian itu menyadarkan mereka. Namun suasana itu tentulah menjadi tontonan menarik karena masyarakat perkotaan jarang disuguhkan dengan pagelaran tradisional tersebut.

Tarian ini dipercaya "mengagah" harimau yang mati di Kerinci, apabila ada harimau mati di daerah itu masyarakat haruslah "diagah" agar harimau yang lain tidak menggangu manusia.

Gubernur Jambi Zumi Zola yang menyaksikan langsung tarian harimau itu mengatakan kebudayaan masyarakat Kerinci itu perlu dilestarikan karena sebelumnya memang ada sejarahnya.

"Ini perlu kita lestarikan karena ada sejarahnya, ada nilai-nilainya. Generasi muda harus mempelajari ini dan harus diteruskan oleh generasi-generasi yang akan datang," kata Zola.

Zola mengungkapkan, tarian Ngagah Harimau sudah dipertunjukan ditingkat nasional bahkan internasional, sebab itu pada Festival Sungai Batanghari itu Pemprov sengaja memberikan waktu dan tempat untuk para seniman asal Kerinci itu.

"Mungkin banyak masyarakat Jambi yang belum pernah melihat tarian ini, sebab ini unik sekali, khas sekali. Makanya Pemprov menyediakan tempat agar para seniman bisa menampilkan tarian mereka dan masyarakat bisa menyaksikan langsung," kata Zola menambahkan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017