Jambi, Antarajambi.com – Bupati Batanghari Syahirsah membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 tingkat kabupaten itu di Kecamatan Maro Sebo Ulu.

"Pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu upaya kita mensyiarkan keagungan Al-Quran sebagai penunjuk bagi manusia,” kata Bupati Batanghari Syahirsah di Maro Sebo Ulu, Minggu.

Pelaksanaan MTQ tersebut merupakan kegiatan tahunan daerah itu yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat masyarakat muslim agar gemar belajar dan membaca Al-Quran serta memberi motivasi dalam mempelajari, memahami dan meningkatkan pengamalan ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari hari.

Dikatakan Syahirsah tanggung jawab orang tua, peran dan fungsi para ulama, pegawai syara, guru ngaji, guru madrasah, para dai dan pengasuh pondok pesantren serta semua pihak sangat diharapkan pengabdiannya.

Hal itu menurut dia agar anak-anak dan generasi muda serta masyarakat dapat membaca Al-Quran dengan baik dan dapat mengikuti majelis talim secara rutin guna memperoleh bimbingan ajaran agama yang benar dan sebenarnya.

Selain itu Syahirsah juga berharap kepada dewan hakim dan dewan juri pada MTQ tersebut agar dapat memberi penilaian yang objektif dan dapat menjaring peserta yang terbaik sebagai persiapan tuan rumah MTQ tingkat provinsi yang ke-48 yang nantinya akan dilaksanakan di daerah itu.

"Kepada pengurus LPTQ dan Kepala Kantor Kementerian Agama diharapkan lebih konsentrasi dalam membina qori dan qoriah yang terbaik. Semua cabang harus di perhatikan, melalui pelatihan atau TC sebagai salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan pada MTQ tingkat Provinsi Jambi,” katanya menambahkan. 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017