Jambi, Antara Jambi- Universitas Jambi (Unja) segera  meluncurkan "master plan" strategi pengelolaan dan pengembangan kampus itu hingga tahun 2045 dengan mengambil momentum "100 Tahun Kemerdekaan RI".

"Kami telah menyusun master plan Universitas Jambi 2018-2045 yang menjadi arah dan panduan pengelolaan serta pengembangan kampus ini dalam jangka panjang. Kita ambil momen 2045 yang bertepatan dengan seabad atau 100 tahun Kemerdekaan RI," kata Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan SH MH PhD di Jambi, Selasa.
  
Menurut rektor, master plan yang pertama kali dimiliki perguruan tinggi negeri pertama di Provinsi Jambi itu rencananya akan ditandatangani dan diluncurkan pada 15 Desember 2017. 

"Insya Allah master plan Unja akan ditandatangani pada 15 Desember 2017. Ini merupakan master plan pertama dari perguruan tinggi ini dan diharapkan bisa menjadi panduan dan pencapaian maksimal dengan hasil kinerja terukur," kata rektor yang juga pakar perbandingan hukum itu.
    
Menurut dia, dengan master plan yang akan diberlakukan itu, diharapkan pembangunan, pengembangan dan pencapaian kinerja Unja selama 28 tahun ke depan bisa berjalan secara terencana dan terukur, dan hasil akhirnya sebuah kinerja dan hasil pengembangan kampus yang optimal.
 
"Rencana pembangunan jangka panjang, salah satu fokusnya pengembangan SDM. Dosen, karyawan dan mahasiswa yang diikuti dengan pengembangan serta pemenuhan sarana dan prasarana,  program dan hasil kerja yang terukur sesuai dengan perencanaan," katanya.

Selain itu terus  mendorong sertifikasi seluruh prodi di perguruan tinggi itu untuk bisa meningkat ke ke jenjang yang optimal di BAN-PT, serta peningkatan jumlah penelitian, pengabdian masyarakat serta produktifitas dosen dalam penulisann jurnal ilmiah di jurnal nasional dan internasional.

"Untuk infrastruktur sebentar lagi akan memiliki sembilan gedung baru yang masuk green book Bapenas 2017 yang dibangun melalui Asian Development Bank (ADB)," katanya.

Master plan itu,  kata dia selaras dengan rencana strategis Unja 2016-2020 yang tertuang pada Permenristek Dikti Nomor 13 tahun 2015 tentang rencana strategis Kemenristek Dikti 2015-2019.

Melalui berbagai pusat unggulan yang dimiliki, kata rektor,  Unja menargetkan menjadi perguruan tinggi yang mampu melahirkan berbagai inovasi baru di bidang pembelajaran, pengembangan iptek dan pemberdayaan masyarakat. 

Kemampuan berinovasi ini akan meningkatkan daya saing dan menjadi daya tarik bagi stakeholder, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk menjadikan Unja sebagai mitra bagi berbagai perubahan  menuju kesejahteraan masyarakat.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017