Jambi, Antarajambi.com – Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi  mengusulkan "Festival Tapa Malenggang" yang rutin digelar secara khas pada hari ulang tahun daerah itu  masuk menjadi agenda kegiatan pariwisata nasional.

"Kabupaten Batanghari  berharap festival ini  dapat menjadi kalender kegiatan pariwisata nasional. Tentu hal tersebut tidak tidak mudah mudah, namun upaya tersebut tetap harus dilakukan agar kita  mampu menjadikan ajang ini menjadi salah satu icon kebanggaan daerah," kata Bupati Batanghari,  Syahirsah di Muara Bulian, Kamis.

Festival tapa melanggang merupakan agenda tahunan daerah itu yang di selenggarakan untuk memeriahkan hari jadi daerah itu. Pada festival tersebut kebudayaan dan tradisi-tardisi tradisional di daerah itu ditampilkan sebagai salah satu upaya melestarikan seni dan budaya di daerah itu.

Salah satu kegiatan yang menarik yakni lomba "kato bejawab dilaman" yang mana acara adat tersebut biasa digunakan oleh masyarakat Batanghari saat melaksanakan acara resepsi pernikahan di daerah itu.

"Dengan adanya festival ini hendaknya tradisi dan kebudayaan asli daerah kita lebih dikenal masyarakat dan harapannya dapat di sosialisaikan juga ke kancah nasional bahkan internasional," katanya

Serangkaian kegiatan juga di selenggarakan guna memeriahkan acara tersebut, diantaranya karnaval "tapa malenggang", lomba adat "kato bejawab dilaman", Dekranasda Expo serta kegiatannya lainnya.

Pada pembukaan Festival Tapa Malenggang 2017 tersebut, Bupati Batanghari Syahirsyah bersama Wakil Bupati Sophia J, Ketua Dekranasda serta forum komunikasi pimpinan daerah itu melakukan peninjauan ke seluruh gerai pameran.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017