Jambi, Antarajambi.com - Gubernur Jambi Zumi Zola, Sabtu, melantik M Dianto sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) yang sebelumnya mengikuti rangkaian seleksi lelang jabatan yang digelar Pemprov setempat.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi madya di rumah dinas gubernur itu, Zola berharap M Dianto dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik-baiknya, sesuai regulasi yang berlaku.

"Kita mengharapkan melalui pelantikan ini, tugas-tugas kepemerintahan dan pembangunan di Jambi ke depannya akan berjalan lebih baik lagi," kata Zola.

Menurutnya tugas dan kewajiban seorang Sekda yaitu membantu gubernur dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikannya.

"Sebab itu saya minta kepada Sekda yang baru agar dapat mendalami berbagai rujukan utama yang kita gunakan dalam melakukan pengelolaan pemerintahan, serta mendalami ulang kebijakan mendasar yang kita jalani dewasa ini," ujarnya.

Selain itu, Zola juga berharap agar Sekda benar-benar memberikan pertimbangan dan pandangan yang bersifat fudamental serta berkaitan langsung dengan pengambilan keputusan penting, maupun solusi mendasar yang berkaitan pula dalam pengambilan kebijakan.

Sebab menurut Zola, dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan, keputusan dan kebijakan yang diambil haruslah tepat dengan lebih terdahulu mempertimbangkan berbagai aspek, karena berkaitan dengan hukum serta kepentingan masyarakat.

"Saya berpesan agar Sekda menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, serta membangun komunikasi dan koordinasi yang kuat dengan seluruh organisasi perangkat daerah serta stakeholder lainnya," tegasnya.

Tidak hanya itu, Zola juga minta Sekda baru agar dapat memastikan penyerapan anggaran bisa berjalan secara maksimal dengan waktu yang tersisa, terutama di organisasi perangkat daerah yang anggarannya besar.

"Saya juga mengingatkan untuk melakukan segala tugas sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, apapun itu, serta saya meminta kepada seluruh stakeholder untuk membantu kami dalam menjalankan tugas," katanya menambahkan.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi yang baru dilantik, M Dianto mengaku siap dan akan bekerja sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Saya akan mulai aktif bekerja pada hari Senin nanti, pertama akan mempersiapkan untuk acara pemberian gelar adat kepada gubernur, kemudian memastikan penyerapan anggaran agar berjalan maksimal seperti apa yang telah ditargetkan gubernur, serta berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Dianto.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017