Jambi, Antara Jambi - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, mempromosikan tiga sektor unggulan daerah itu dalam pagelaran Festival Tapa Malenggang yang sudah menjadi agenda pariwisata kabupaten tersebut.

"Ada tiga sektor yang kita promosikan pada Festival Tapa Malenggang sehingga diharapkan sektor-sektor tersebut dapat menjadi daya tarik Kabupaten Batanghari dalam meningkatkan perekonomian dan pariwisata," kata Kepala Disporapar Kabupaten Batanghari, Ardani ZP di Muarabulian, Minggu.

Tiga sektor yang di promosikan melalui festival dalam rangkaian HUT Ke-69 Batanghari itu, yakni ekonomi kreatif, kepariwisataan, dan sektor seni budaya.

Dengan dipromosikannya sektor-sektor tersebut pemerintah daerah berharap mampu menarik investor untuk berinvestasi di daerah itu.

Promosi sektor-sektor tersebut dikemas melalui beberapa kegiatan yang terangkum dalam kegiatan Festival Tapa Malenggang.

Kegiatan tersebut meliputi karnaval budaya, festival musik tradisional, festival band, Batanghari Marcing Competition (BHMC) se-sumatra, lomba "bekarang" (menangkap ikan) dan trail adventure.

"Untuk karnaval budaya pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta atau sebanyak 89 peserta yang berasal dari seluruh kecamatan di Batanghari," kata Ardani ZP.

Dikatakannya, tahun depan kegiatan festival tersebut akan dilakukan secara terpadu, dimana organisasi-organisasi dan lembaga dagang daerah akan dilibatkan.

Sementara untuk menjadikan kegiatan tersebut menjadi iven nasional, pemerintah daerah akan memperkuat infrastruktur yang mendukung. Atau bukan sekedar mengenalkan potensi yang ada namun lebih kepada pengembangan potensi yang dimiliki.

Pada acara festival tersebut turut di isi dengan penampilan-penampilan kesenian daerah, salah satunya penampilan tari "ya patah" yang di tampilkan oleh penari-penari legend daerah itu.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017