Jambi, Antarajambi - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto mengatakan hilirisasi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan pembangunan di daerah itu.

"Proses hilirisasi atau industri guna setiap bahan baku yang dihasilkan dari daerah Jambi diharapkan semakin mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya di Jambi, Selasa.

M Dianto dalam seminar berkaitan dengan masalah ekonomi di Jambi itu mengatakan saat ini Provinsi Jambi masih membutuhkan berbagai upaya bersama dalam pembangunan perekonomian masyarakat dan pembangunan infrastruktur di daerah itu.

"Belum optimalnya komoditi pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan yang dihasilkan petani dan pelaku usaha di Jambi karena nilai tambah produk tersebut masih kurang," kata Sekda.

Dijelaskannya, pertanian, perikanan, kehutanan dan perkebunan menjadi penyumbang terbesar dalam perekonomian Jambi, yang diharapkan berimbas pada peningkatan pendapatan daerah serta peningkatan kesejahteraan petani.

Sebab itu ia berharap sektor-sektor tersebut mampu dioptimalkan agar berkontribusi nyata dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Juga belum besar kontribusi dalam PAD dan kesejahteraan petani disebabkan penjualan masih dalam keadaan bahan mentah," katanya Dianto menjelaskan.

Pemerintah Provinsi Jambi katanya tengah melakukan upaya kerjasama dengan pihak terkait dalam pembangunan infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, jalan, jembatan dan listrik untuk menciptakan hilirisasi tersebut.

"Karet, kelapa sawit maupun batubara belum banyak hilirisasi, namun Pemprov Jambi telah memberi kemudahan bagi investor menanamkan modalnya di Jambi," katanya.

Menurutnya lagi, keadilan serta pemerataan pembangunan membutuhkan kerjasama antara pemerintah dengan pelaku ekonomi, pemangku kepentingan dan lembaga keuangan.

Seperti memberikan sistem kredit yang berpihak pada sektor riil perkebunan, tanaman pangan, peternakan, perikanan, industri rumah tangga dan ekonomi kreatif.

"Sebab itu kita juga butuh komitmen bersama serta mengedepankan prinsip pembangunan inklusif (terbuka) dan berkeadilan," katanya menambahkan.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017