Jambi, Antarajambi - Gubernur Jambi Zumi Zola minta seluruh camat untuk membimbing pemerintah desa di wilayah masing-masing dalam penggunaan anggaran dana desa (DD).

"Pak camat harus bantu mereka untuk menggunakan dana desa," kata Gubernur Zola usai membuka Rapat Koordinasi Camat se-Provinsi Jambi Semester II di Jambi, Kamis.

Zola minta camat membimbing dan terus memantau pemanfaatan dan pertanggung jawaban dana desa tersebut agar sesuai prosedur.

"Dana desa harus dikelola dengan baik dan benar, digunakan sesuai peruntukannya," ujarnya.

Selaku gubernur dirinya tidak ingin ada perangkat desa yang terjerat masalah hukum terkait pengelolaan dana desa tersebut.

Apalagi desa saat ini mendapat banyak kucuran dana mulai dari bantuan pusat, provinsi maupun kabupaten. Sebab itu penggunaannya harus bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Gubernur menjelaskan, dana desa ini harus digunakan sesuai dengan peruntukannya dan melihat manfaat. Seperti untuk pembangunan jalan produksi, embung, jalan lingkungan dan pembangunan lainnya.

Selain itu, Zola juga minta camat untuk tidak segan-segan melaporkan program yang ada di wilayah masing-masing. Jika ada masalah, maka bisa dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten maupun provinsi untuk dicarikan solusinya.

"Laporkan juga kepada kami, jangan hanya laporkan kepada pemkab saja, kita carikan solusinya jika ada masalah," tegasnya.

Tidak hanya itu, Zola juga mengingatkan camat agar memanfaatkan bantuan yang ada, khususnya dari APBN. Sebab itu untuk kepentingan masyarakat.

"Saya tidak mau ada bantuan dari pusat gagal hanya karena masalah sepele, sehingga merugikan masyarakat banyak," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi, Rahmat Hidayat mengatakan rakor camat itu merupakan kegiatan rutin Pemprov Jambi untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan program-program pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat.

"Dalam rakor camat kali ini dihadiri 131 camat dari jumlah keseluruhan 141. Artinya 10 camat tidak hadir tanpa alasan yang jelas," kata Rahmat.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017